oleh

PUASA ASAM LAMBUNG NAIK, INI SEBABNYA AYO KENALI

banner 468x60

JAKARTA — Naiknya asam lambung merupakan hal yang paling sering dikeluhkan saat berpuasa. Bukan tanpa alasan, terkadang masalah ini terjadi karena pola makan sembarangan dan kebiasaan mengonsumsi makanan yang bisa memicu naiknya asam lambung.

Bagi orang yang mengidap penyakit asam lambung, penting untuk mengatur makanannya dan menghindari makanan tertentu untuk mencegah naiknya asam lambung.

banner 336x280

Dilansir dari berbagai sumber, Jumat (5/4/24), berikut sederet asupan yang harus Anda hindari jika memiliki riwayat asam lambung, antara lain:

1. Gorengan

Salah satu pemicu naiknya asam lambung adalah kebiasaan mengonsumsi makanan yang digoreng. Sayangnya, jenis makanan ini masih menjadi favorit untuk menu berbuka puasa.

Padahal, kandungan lemak yang tinggi di dalam gorengan bisa menyebabkan refluks asam lambung ke kerongkongan. Sebaiknya hindari terlalu banyak mengonsumsi gorengan saat berbuka puasa untuk mencegah asam lambung naik.

Anda bisa memilih untuk menyantap potongan buah-buahan atau air kelapa murni sebagai gantinya. Tak hanya lebih sehat, pilihan makan tersebut juga bisa membantu mengganti cairan tubuh yang hilang saat puasa.

2. Buah asam

Buah adalah salah satu makanan sehat yang baik dikonsumsi saat puasa. Meski begitu, pengidap asam lambung tetap perlu memilih jenis buah yang sesuai untuk dikonsumsi saat sahur atau berbuka puasa.

Sebaiknya, hindari jenis buah-buahan yang memiliki rasa asam seperti jeruk, atau olahan lain dari buah ini.

Kandungan asam yang terdapat pada buah-buah ini bisa memicu terjadinya rasa mulas pada perut. Pada tingkat yang lebih parah, kita akan merasa seperti terbakar yang sangat terkait dengan penyakit maag.

3. Makanan pedas

Mengonsumsi makanan yang memiliki rasa terlalu pedas bisa menyebabkan masalah pada pencernaan. Apalagi jika dimakan dalam jumlah yang berlebihan, makanan pedas akan memicu naiknya asam lambung yang memberi rasa mulas pada bagian perut.

Sebaiknya jangan langsung mengonsumsi makanan pedas yang mengandung cabai atau lada saat berbuka puasa. Selain naiknya asam lambung, kebiasaan ini juga bisa menyebabkan pencernaan kacau, pada akhirnya dapat menyebabkan diare.

4. Cokelat

Mengonsumsi cokelat saat berbuka puasa adalah hal yang harus dihindari karena dapat menyebabkan naiknya asam lambung. Alasannya, cokelat banyak mengandung lemak dan kakao yang menjadi pemicu utama refluks. Ada juga beberapa kandungan lain yang sebenarnya tidak terlalu ramah dengan lambung dan pencernaan. Maka dari itu, sebaiknya hindari langsung mengonsumsi cokelat saat berbuka puasa.

5. Daging berlemak

Makanan tinggi lemak juga salah satu makanan yang sebaiknya dihindari karena merupakan pemicu produksi asam lambung berlebih. Daging penuh lemak biasanya membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Hal itu yang kemudian membuat asam lambung naik.

6. Minuman berkafein

Beberapa orang akan mengalami mulas saat minum kopi dan minuman berkafein lainnya. Ini karena, kafein telah terbukti mengendurkan otot sfingter esofagus bagian bawah yang dapat meningkatkan risiko refluks asam dan mulas.

Tak hanya itu, kopi juga dapat merangsang sekresi asam lambung yang dapat memperburuk mulas. Minuman kafein selain kopi yang sebaiknya kamu hindari adalah teh, cokelat, soda, dan minuman berenergi.

7. Minuman karbonasi

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minuman berkarbonasi juga dapat mengendurkan sfingter esofagus dan meningkatkan keasaman asam lambung. Jadi, sebaiknya hindari minuman karbonasi jika tak ingin asam lambung naik.

8. Makan dalam porsi besar

Tak sedikit orang yang kalap saat berbuka puasa sehingga menyantap makanan dalam porsi besar sekaligus. Padahal, makan dalam porsi besar ini bisa membuat perut kaget setelah seharian kosong karena tidak terisi makanan apapun. Perut yang penuh oleh makanan dapat meregangkan perut dan memicu kembung.

Peregangan perut atau distensi ini kemudian memberi tekanan pada LES, cincin otot yang menjaga asam lambung agar tidak bergerak ke arah yang salah. Maka dari itu, makanlah dalam porsi sewajarnya terlebih dahulu saat berbuka untuk mencegah asam lambung naik. (***)

banner 336x280

Komentar

Tinggalkan Balasan