oleh

Alugoro Nama Senjata Pemusnah Milik Prabu Baladewa

banner 468x60

Surabaya, monitorkeadilan — Indonesia telah mampu membuat kapal selam. KRI Alugoro-405 adalah kapal selam pertama buatan Indonesia. Prestasi itu patut dicatat dengan tinta emas. Sebab di kawasan Asia Tenggara, baru Indonesia yang mampu membuat kapal selam.

Lalu apa arti nama yang diberikan untuk kapal selam yang ditinjau Presiden Joko Widodo pada Senin (27/1) di Kota Surabaya, Jawa Timur itu?

banner 336x280

Dalam kisah pewayangan, tersebutlah nama Prabu Baladewa. Ia dikenal sebagai penguasa yang adil, tegas, dan jujur. Baladewa memiliki senjata pusaka berbentuk gada. Gada sakti itulah bernama Alugoro.

Batara Brama memberikan senjata Alugoro kepada Baladewa setelah penguasa itu dinyatakan lulus menuntut ilmu. Alugoro memiliki kedua ujung runcing dan memiliki kemampuan yang hebat untuk memusnahkan musuh.

Dari filosofi senjata Baladewa itulah nama Alugoro dipilih untuk menjadi nama kapal selam pertama buatan Indonesia.

Nama Alugoro disematkan dengan harapan agar kapal selam ini mampu melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai senjata yang memiliki daya hancur yang besar dan dahsyat. Senjata ini juga diharapkan tidak pernah kalah dalam setiap peperangan.

Kapal selam ini punya nama lengkap Alugoro-405. Kapal ini merupakan kapal selam berjenis Diesel Electric Submarine U209 / 1400 (KSDE U209 Chang Bogo Class).

Alugoro-405 memiliki panjang keseluruhan 61,3 meter dengan kecepatan mencapai 21 knot ketika berada di bawah air. Mampu membawa 40 kru dengan kemampuan jelajah hingga 50 hari dan didesain dengan lifetime mencapai 30 tahun.

Bobot total kapal selam tersebut sebesar 1.460 ton saat muncul di permukaan dan 1.596 ton ketika menyelam di bawah permukaan.

Kehadiran Kapal Selam Alugoro otomatis akan menambah kekuatan TNI AL yang sebelumnya telah memiliki KRI Cakra 401, Nanggala 402, Nagapasa 403, dan Ardadeli 404.

banner 336x280

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed