oleh

PEMERINTAH SEGERA BANGUN TRANS PAPUA JAYAPURA-WAMENA

banner 468x60

JAKARTA — Pemerintah segera membangun Jalan Trans Papua Ruas Jayapura-Wamena Segmen Mamberamo-Elelim di Provinsi Papua Pegunungan.

Hal itu dipastikan setelah penandatanganan perjanjian proyek kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU) terkait pembangunan tersebut.

banner 336x280

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, mengatakan jalan tersebut sangat membantu logistik di wilayah tersebut.

“Pembangunan jalan ini telah lama dicita-citakan sejak pemerintahan Presiden Soeharto pada awal 1980,” ungkap Menteri Basuki, Kamis (4/7/24).

Ia juga berharap mengatakan tingkat kemahalan barang dan jasa di Wamena dapat diturunkan. “Selain itu, kesejahteraan di Papua dan Papua Pegunungan dapat segera terwujud,” ujar Menteri Basuki.

Perjanjian KPBU pembangunan jalan tersebut ditandatangani Dirjen Bina Marga dan Dirut PT Hutama Mambelim Trans Papua. Sedangkan perjanjian penjaminan proyek ditandatangani Dirut PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII) dan Dirut PT Hutama Mambelim Trans Papua.

Menteri Basuki pada kesempatan itu juga menandatangani perjanjian regres (hak penjamin menagih penanggung jawab proyek) dengan Dirut PT PII.

“Saya ingatkan jangan main-main dengan KPBU,” tegas Menteri Basuki.

Segmen Mamberamo-Elelim sepanjang 50,14 kilometer, yang dibangun dengan skema KPBU, merupakan bagian dari ruas Jayapura-Wamena. Lingkup pembangunannya meliputi jembatan, satu unit pelaksana penimbangan bermotor, penanganan lereng dan tebing, serta O&M selama masa layanan. (*)

banner 336x280