oleh

INILAH SEDERET FAEDAH TEH HIJAU, BISA CEGAH STROKE

banner 468x60

JAKARTA — Teh hijau sejak dahulu telah dipercaya sebagai salah satu minuman paling sehat karena dapat mencegah berbagai jenis penyakit. Tidak hanya rasanya yang menyegarkan, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan.

Sejumlah penelitian ilmiah terkait manfaat teh hijau bahkan telah dilakukan. Sebagaimana dilansir dari remi Kemenkes, Kamis (30/5/2024), berikut lima manfaat teh hijau bagi kesehatan:

banner 336x280

1. Bikin Tubuh Lebih Rileks
Meminum teh membuat tubuh merasa lebih rileks. Hal itu lantaran bahan kimia alami yang disebut theanine yang ditemukan dalam teh hijau bisa memberikan efek menenangkan.

Sehingga, manfaat teh hijau untuk kesehatan bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks. Jika anda terbiasa mengonsumsi teh biasa selama ini, cobalah ganti ke teh hijau untuk merasakan manfaatnya.

2. Hilangkan Bau Mulut
Ternyata, teh hijau mampu menghilangkan bau pada mulut. Itu disebabkan oleh tanin yang terkandung di dalam teh hijau memiliki sifat antibakteri, sehingga mampu mengatasi pembentukan bakteri pada mulut.

Artinya, teh hijau dapat menekan pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut. Selain itu, teh hijau juga mampu mencegah karies gigi dan pembentukan plak pada gigi.

3. Hambat Pertumbuhan Sel Kanker
Teh hijau mengandung polifenol. Senyawa tersebut mampu menghambat pertumbuhan berbagai jenis sel kanker. Adapun jenis sel kanker yang bisa dihambat pertumbuhannya antara lain, kanker paru-paru, kanker kulit, kanker lambung dan kanker payudara.

Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut dan menyeluruh untuk memastikan efektivitas teh hijau dalam mencegah kanker.

4. Cegah Penyakit Jantung dan Stroke
Penyakit kardiovaskular, termasuk penyakit jantung dan stroke. Penelitian menunjukkan bahwa, konsumsi teh hijau mampu menurunkan kolesterol total dan kolesterol jahat.

Tidak hanya itu, teh hijau juga mengandung asam fenolik, yang dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung koroner.

5. Bikin Tidur Lebih Nyenyak
Manfaat teh hijau yang terakhir yakni bisa membuat tidur lebih nyenyak. Hal itu disebabkan oleh kandungan theanine dalam teh hijau yang memiliki efek antistres pada hewan maupun manusia.

Meski teh hijau mengandung kafein, kadar zat ini dalam teh cukup rendah sehingga efeknya dalam meningkatkan kewaspadaan tidak besar. (***)

banner 336x280