oleh

94 CATAR POLDA PAPUA IKUTI UJI FISIK

banner 468x60

JAYAPURA — Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Papua menggelar Tes Kesamaptaan Jasmani (TKJ) seleksi Akademi Kepolisian (Akpol) Tahun Anggaran 2024 bertempat di Lapangan Rastra Samara SPN Polda Papua, Sabtu (25/05/2024).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kabag Watpers Ro SDM Polda Papua selaku Wakil Ketua Tim Jasmani AKBP Adi Tri Widiyanto, S.I.K, S.H.

banner 336x280

Dalam kesempatannya, Kabag Watpers menyampaikan bahwa tes jasmani merupakan syarat penting dalam seleksi Akpol, ia harap seluruh peserta bersungguh-sungguh dalam mengikuti tes jasmani ini dan tidak melakukan kecurangan.

“Dalam pelaksaan uji Kesamptaan saat ini rekan-rekan perhatikan kesehatan dan kemampuan, ikuti aturan yang sudah ditentukan,” ucap Kabag Watpers.

Lebih lanjut, Kabag Watpers mengatakan tes yang diujikan yakni lari 12 menit, Pull Up, Sit Up, Push Up dan Shuttle Run serta Uji Renang dan Antropometri guna menguji kesiapan dan kesanggupan Calon Taruna/i agar dapat melaksanakan tugas yang memerlukan tenaga fisik secara efisien dan efektif.

“Diharapkan seluruh peserta yang sedang mengikuti pelaksanaan tes kesamaptaan hari ini mendapatkan hasil yang maksimal sesuai dengan kemampuan dirinya masing-masing demi mewujudkan Taruna/i yang berintegritas, jujur serta Amanah,” tuturnya.

Ia juga berharap Polri bisa mendapatkan generasi penerus yang baik dengan nilai nilai moral dan juga ketahanan fisik yang baik.

“Semoga ke depan Polri akan semakin baik dengan masuknya sumberdaya yang unggul dari anak anak muda Indonesia sebagai pemimpin nantinya dan juga dalam mengabdikan diri kepada masyarakat serta memberikan pelayanan yang baik dan juga prima,” pungkasnya.

Untuk pelaksanaan tes ini juga dilakukan pengawasan dari internal polri yakni dari Itwasda dan Propam serta pengawas dari eksternal yakni dari Komnas HAM Perwakilan Papua.

Saat ini jumlah peserta Calon Taruna Akpol yang mengikuti test kesamaptaan jasmani sebanyak 94 orang yang terdiri dari 12 orang calon taruni dan sebanyak 82 orang calon taruna. Nantinya para peserta ini akan mengkuti tes kembali secara terpusat di Mabes Polri. (***)

banner 336x280