oleh

RESMIKAN PABRIK MINYAK MAKAN MERAH, JOKOWI : BENTUK HILIRISASI

banner 468x60

DELI SERDANG — Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Pabrik Percontohan Minyak Makan Merah Pagar Merbau di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Kamis (14/3/2024).

“Yang saya senang, pertama harga minyak makan merah ini lebih murah dari minyak goreng di pasaran. Artinya barang ini bisa bersaing di pasaran. Bisa bersaing karena harganya kompetitif,” ungkap Jokowi saat peresmian.

banner 336x280

Jokowi mengatakan, Indonesia memiliki 15,3 juta hektare kebun kelapa sawit. Dimana sebanyak 40,5 persen atau 6,2 juta diantaranya milik petani. Oleh karenanya, pemerintah membangun pabrik minyak makan merah agar dapat memberikan nilai tambah untuk petani.

“Kita bangun pabrik minyak makan merah ini yang pertama kali dan ini kita harapkan memberikan dapat memberi nilai tambah yang baik bagi petani sawit, utamanya yang sudah dalam bentuk koperasi,” tuturnya.

Menurut Jokowi, pabrik minyak makan merah ini sendiri memiliki kapasitas hingga 10 ton CPO setiap hari. Selain itu, pabrik ini juga dapat menghasilkan 7 ton minyak makan merah.

“Bukan jumlah yang sedikit, jumlah yang banyak. Artinya harus memang banyak yang beli ada yang beli, sehingga kita harapkan ini sekali lagi memberi nilai tambah yang baik,” terangnya.

Lebih lanjut Jokowi menjelaskan, keberadaan pabrik ini merupakan salah satu bentuk hilirisasi. Diharapkan pabrik minyak makan merah ini akan memberikan nilai tambah dan keuntungan bagi Indonesia.

“Ini yang namanya hilirisasi. Jangan jual TBS, jangan jual CPO kalau bisa dijadikan barang jadi seperti ini, ini bagus sekali,” tukasnya. (***)

banner 336x280

Komentar

Tinggalkan Balasan