oleh

INILAH 4 JENIS TAKJIL YANG HARUS DIHINDARI PENDERITA DIABETES

banner 468x60

JAKARTA — Berpuasa di bulan Ramadan menjadi salah satu ibadah wajib bagi umat Islam. Khusus bagi orang yang memiliki masalah kesehatan tentu perlu pertimbangan lebih dalam memilih makanan dan minuman saat berbuka maupun sahur.

Bagi penderita diabetes, pemilihan takjil juga menjadi salah satu aspek penting yang wajib diperhatikan. Mereka harus bisa menjaga kadar gula tetap stabil untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

banner 336x280

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (9/3/2024), setidaknya ada beberapa jenis takjil yang harus dihindari penderita diabetes ketika berbuka puasa. Berikut penjelasannya:

1. Gorengan

Masyarakat Indonesia sangat menyukai makanan-makanan yang digoreng. Bahkan, sebagian di antaranya mungkin selalu menjadikannya sebagai santapan wajib saat berbuka puasa. Namun, penderita diabetes sangat dianjurkan untuk menghindari konsumsi jenis-jenis makanan yang digoreng. Salah satu alasannya karena gorengan mengandung kalori hingga lemak trans yang cukup tinggi.

2. Es Buah

Puasa juga sangat identik dengan beragam olahan penyegar mulut seperti es buah. Namun, penderita diabetes tidak dianjurkan untuk mengonsumsinya agar kadar gula tetap stabil.

Umumnya, penderita diabetes sudah tahu bahwa mereka tidak dianjurkan mengonsumsi minuman manis, baik yang ditambahkan gula maupun memakai pemanis buatan. Hal tersebut juga berlaku untuk jenis olahan seperti es buah ini.

3. Makanan Ringan Kemasan

Berikutnya adalah jenis makanan ringan dalam kemasan. Alasannya karena snack kemasan tersebut biasanya banyak mengandung kalori tinggi. Tak hanya itu, beberapa jenisnya bahkan mengandung tepung terigu, gula hingga pengawet dalam kadar yang tinggi. Bahan-bahan yang terkandung di dalam snack dapat menghambat kinerja insulin dalam tubuh dan meningkatkan gula darah.

4. Makanan Tinggi Natrium

Pengidap diabetes juga dianjurkan membatasi konsumsi makanan tinggi natrium. Jenisnya pun beragam dari makanan kalengan, makanan yang diawetkan, daging olahan, makanan kemasan, dan lain-lain. (***)

banner 336x280

Komentar

Tinggalkan Balasan