oleh

KPU SIAPKAN DEBAT KETIGA PILPRES 7 JANUARI

banner 468x60

JAKARTA — Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan kesiapan gelaran Debat Ketiga yang akan diselenggarakan di Istora Senayan Jakarta, 7 Januari 2024 mendatang. Kepastian ini disampaikan dalam sesi Konferensi Pers, yang digelar di Media Center KPU, Jumat (5/1/2024).

Hadir memimpin jalannya konferensi pers, Ketua KPU Hasyim Asy’ari, Anggota KPU August Mellaz, Yulianto Sudrajat, Mochammad Afifuddin, Parsadaan Harahap bersama Sekretaris Jenderal KPU Bernad Dermawan Sutrisno. Pada kesempatan ini juga disampaikan perkembangan penyediaan logistik Pemilu 2024.

banner 336x280

“KPU akan menyampaikan dua informasi penyelenggara pemilu, yang pertama adalah perkembangan tentang persiapan Debat Ketiga Calon Presiden untuk Pemilu 2024, kedua adalah perkembangan penyediaan logistik pemilu baik di dalam negeri maupun di luar negeri,” ungkap Hasyim.

Sementara itu pada penyampaiannya terkait Debat Ketiga, Mellaz mengatakan Debat Ketiga akan diselenggarakan 7 Januari 2024 di Istora Senayan, Jakarta. Dia juga menyampaikan 11 nama Panelis yang terlibat menyiapkan pertanyaan untuk debat bertema Pertahanan, Keamanan, Internasional, Globalisasi, Geopolitik dan Politik Luar Negeri, antara lain Prof Angel Damayanti, Ph.D (Guru Besar Bidang Keamanan Internasional Fisipol Universitas Kristen Indonesia); Curie Maharani Savitri, Ph.D (Dosen Hubungan Internasional, ahli Kajian Industri Pertahanan dan Alih Teknologi Universitas Bina Nusantara); Prof Evi Fitriani, Ph.D, (Guru Besar Ilmu Hubungan Internasional Universitas Indonesia).

Prof Hikmahanto Juwana, SH., LL.M., Ph.D (Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia dan Rektor Universitas Jenderal Ahmad Yani); I Made Andi Arsana, S.T., M.E., Ph.D (Ahil Aspek Geospasial Hukum Laut Universitas Gadjah Mada); Dr. lan Montratama (Dosen Program Studi Hubungan Internasional Ahli Keamanan dan Pertahanan Universitas Pertamina); Irine Hiraswari Gayatri, Ph.D (Peneliti Pusat Riset Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional); Dr. Kusnanto Anggoro (Pakar Keamanan Universitas Pertahanan); Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio (KSAL 2012-2014 dan Ketua Dewan Guru Besar Universitas Pertahanan); Philips J. Vermonte, Ph.D (Dekan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Islam Internasional Indonesia dan Senior Fellow CSIS); Prof. Dr. R. Widya Setiabudi Sumadinata, S.I.P. S.SI., M.T, M.SI. (Han) (Guru Besar Bidang Keamanan Global Universitas Padjadjaran).

“Moderator Ariyo Ardi Jurnalis Global tv, dan Anisha Dasuki jurnalis iNewstv. Sementara format alur kemudian durasi waktu tidak mengalami perubahan, debat akan diselenggarakan total 150 menit (120 menit debat, 30 menit iklan), dan terbagi menjadi 6 segmen,” tutur Hasyim.

Adapun terkait penyediaan logistik Pemilu 2024, Yulianto Sudrajat menyampaikan perkembangan untuk Tahap I (kotak suara, tinta, kemudian bilik, segel, dan segel kabel ties) hingga 4 Januari 2024, pukul 22.00 WIB, produksi, pengiriman dan penerimaan di gudang KPU Kab/kota telah mencapai 100 persen. Sementara Tahap II (surat suara, sampul kertas yaitu sampul bungkus dan sampul biasa, formular, DCT, template alat bantu tunanetra) proses produksi mencapai 85 persen, pengiriman 55 persen, dan penerimaan di gudang KPU kabupaten/kota sebesar 30 persen. Adapun ditargetkan penerimaan seluruh logistik Tahap II di gudang KPU kabupaten/kota 15 Januari 2024.

“Terkait logistik untuk pemilu di luar negeri, untuk pengiriman Tahap I sudah dilaksanakan mulai tanggal 2-25 Desember 2022, diprioritaskan untuk pengiriman surat suara untuk Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, Surat Suara untuk pemilu untuk DPR RI Dapil DKI Jakarta 2 ke 128 perwakilan negara sudah sebesar 100 persen terpenuhi di seluruh PPLN penjuru dunia.”

“Berikutnya secara simultan untuk Tahap II dilaksanakan apabila terdapat kekurangan pengiriman Tahap I dan Tahap II artinya apabila ada laporan-laporan dari kekurangan dari PPLN segera kami respon dan akan segera kami kirim secara simultan dan ini sudah berjalan,” tutup Drajat. (*)

banner 336x280

Komentar

Tinggalkan Balasan