oleh

HATI-HATI ! INI MANFAAT VITAMIN D PENTING UNTUK KITA

banner 468x60

JAKARTA — Kekurangan vitamin, termasuk vitamin D tentu akan berdampak pada kesehatan Anda. Padahal, vitamin jenis ini sangat dibutuhkan untuk menjaga kekuatan tulang hingga mendukung sistem kekebalan tubuh.

Meski dinilai sangat penting, saat ini masih banyak yang mengabaikan kebutuhan vitamin D. Seperti dilansir dari laman Times of India, Sabtu (6/1/2024), berikut gejala kekurangan vitamin D.

banner 336x280

1. Lelah dan Lemas
Salah satu tanda awal kekurangan vitamin D adalah lelah dan lemas yang terus-menerus. Kekurangan vitamin D telah dikaitkan dengan kelelahan karena perannya yang penting dalam metabolisme energi.

Kadar yang tidak mencukupi dapat menyebabkan perasaan lelah dan lemas. Vitamin D mengatur sintesis adenosin trifosfat (ATP), mata uang energi utama sel. Produksi ATP yang tidak memadai dapat menyebabkan kelelahan yang terus-menerus.

Selain itu, vitamin D mendukung fungsi otot, dan kekurangannya dapat menyebabkan kelemahan otot, yang selanjutnya menyebabkan kelelahan.

2. Pengeroposan Tulang
Vitamin D merupakan bagian integral dari kesehatan tulang, karena membantu penyerapan kalsium, yang penting untuk kekuatan tulang. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan pengeroposan tulang, melemahnya struktur kerangka, dan meningkatkan resiko osteoporosis.

Tanpa vitamin D yang tepat, tubuh kesulitan memanfaatkan kalsium secara efektif, sehingga mengakibatkan penurunan kepadatan tulang. Seiring waktu, hal ini dapat menyebabkan kerapuhan tulang dan peningkatan kerentanan terhadap patah tulang.

Bahkan dalam kasus yang lebih parah, kekurangan vitamin D dapat menyebabkan perkembangan osteoporosis. Kondisi ini membuat tulang menjadi rapuh dan lebih rentan patah.

3. Sering Sakit dan Terkena Infeksi
Vitamin D memainkan peran penting dalam mendukung sistem kekebalan tubuh. Jika Anda sering jatuh sakit atau mengalami pemulihan yang berkepanjangan dari infeksi, itu merupakan gejala kekurangan kadar vitamin D.

4. Depresi dan Gangguan Mood
Kekurangan vitamin D telah dikaitkan dengan depresi dan gangguan mood, meskipun hubungannya kompleks dan multifaktorial. Vitamin berperan dalam sintesis neurotransmitter dan fungsi otak.

Tingkat yang rendah dapat berkontribusi pada peningkatan risiko gangguan mood. Paparan sinar matahari, sumber utama vitamin D, juga memengaruhi kadar serotonin, sehingga berdampak pada pengaturan suasana hati.

5. Sakit Tulang dan Punggung
Vitamin D sangat penting untuk penyerapan kalsium yang tepat, dan kekurangan vitamin D dapat menyebabkan nyeri tulang dan nyeri punggung bagian bawah. Kadar yang tidak mencukupi dapat menyebabkan nyeri tulang dan punggung.

Vitamin D memainkan peran penting dalam menjaga kepadatan tulang dan mencegah kondisi seperti osteoporosis. Tanpa vitamin D yang cukup, tubuh kesulitan menyerap kalsium secara efektif, sehingga mengakibatkan tulang melemah dan rasa tidak nyaman.

Sakit punggung, terutama di daerah bawah, merupakan gejala yang umum terjadi. Hal ini terutama terlihat selama pergerakan dan dapat mempengaruhi mobilitas secara keseluruhan. (*)

banner 336x280

Komentar

Tinggalkan Balasan