oleh

VAKSINASI KEDUA CACAR MONYET DIBERIKAN UNTUK 416 ORANG

banner 468x60

JAKARTA — Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi DKI Jakarta telah memberikan vaksin cacar monyet dosis pertama mencapai 495 orang, sementara dosis kedua diberikan kepada 416 orang. Langkah vaksinasi ini khusus ditujukan kepada kelompok yang pernah melakukan kontak erat dengan pasien.

Kepala Seksi Surveilans, Epidemiologi, dan Imunisasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi DKI Jakarta, Ngabila Salama menjelaskan sampai dengan tanggal 8 Desember pukul 19.00 WIB, tercatat ada 44 kasus positif cacar monyet (monkeypox/mpox) sejak Oktober 2023 di DKI Jakarta.

banner 336x280

“Semua kasus tersebut bersifat ringan dan semua pasien tertular melalui kontak seksual. Seluruh penderitanya adalah laki-laki dengan rentang usia 25-50 tahun,” ungkap Ngabila Salama, Sabtu (9/12/23).

Dari jumlah 44 pasien, 34 orang telah dinyatakan sembuh, sementara 10 orang masih dalam perawatan, dengan lima di antaranya menjalani isolasi mandiri dan lima lainnya dirawat inap di rumah sakit.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi, menenangkan masyarakat dengan mengingatkan bahwa penyakit mpox tidak memiliki kemampuan penularan cepat seperti Covid-19.

“Kami tetap mengimbau agar masyarakat tetap menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) guna mencegah penyebaran penyakit,” tegas Nadia. (*)

banner 336x280

Komentar

Tinggalkan Balasan