oleh

1 DESEMBER LEWAT, KAPOLDA : PAPUA AMAN TERKENDALI

banner 468x60

JAKARTA — Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri memastikan bahwa kondisi ataupun situasi keamanan di wilayah Papua pada tanggal 1 Desember 2023 dalam situasi yang aman

Adapun diketahui tanggal 1 Desember merupakan hari ulang tabun (HUT) dari Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang identik dikaitkan dengan Kelompok Kriminal Bersenjata.

banner 336x280

“Kondisi saat ini dalam kalender keamanan dan ketertiban masyarakat berada dalam kendali,” ujar Mathius dalam keterangannya, Sabtu (2/12/2023).

Mathius menyampaikan bahwa memang sempat ada gangguan keamanan yang terjadi. Namun gangguan tersebut kemudian berhasil diatasi dan situasi kembali aman.

“Kejadian di Mimika sudah kami amankan. Sementara kejadian di Puncak terjadi agak jauh ke belakang markasnya. Oleh karena itu, saya menginstruksikan kepada para Kapolres untuk tidak merespons secara berlebihan,” ucapnya.

Lebih lanjut, ia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk turut serta bersama-sama menjaga keamanan, terlebih pada saat pelaksanaan Pemilu 2024 nantinya.

“Menjelang Pemilu, saya berharap masyarakat Papua, termasuk orang asli Papua, dapat fokus pada hak pilih mereka dan berkontribusi pada pembangunan daerah mereka masing-masing,” tandasnya. (*)

banner 336x280

Komentar

Tinggalkan Balasan