oleh

SAAT DI MERAUKE GANJAR SAMPAIKAN PROGRAM SATU DESA SATU PUSKESMAS

banner 468x60

MERAUKE — Calon presiden (capres) Ganjar Pranowo meluncurkan program ‘Satu Desa, Satu Puskesmas dan Satu Tenaga Kesehatan’ saat melakukan kampanye hari pertama di Merauke, Papua, Selasa (28/11).

Peluncuran secara simbolis dilakukan dengan pemberian peralatan kesehatan dari Ganjar kepada Ketua Adat Wendu dan Matara, Kamilus M, di Waninggap Nanggo, Distrik Semangga, Kabupaten Merauke, Papua Selatan.

banner 336x280

Ganjar mengatakan, peluncuran program ini sebagai bentuk komitmennya untuk menjadikan kesehatan masyarakat sebagai salah satu faktor utama dalam mencapai Indonesia emas. Ganjar memiliki target, yakni setiap desa harus memiliki satu puskesmas yang dilengkapi dengan satu dokter.

“Akses kesehatan menjadi begitu penting, yang kita bayangkan satu kampung atau satu desa setidaknya ada satu puskesmas pembantu, fasilitas kesehatan dan dan satu nakes, syukur-syukur satu dokter,” kata Ganjar.

Selain itu, Ganjar juga akan memperbaiki akses jalan di wilayah tersebut agar masyarakat bisa menempuh dalam mengakses kesehatan. Ganjar menyatakan, satu desa, satu puskesmas dan satu tenaga kesehatan merupakan salah satu cara agar masyarakat bisa selalu sehat.

“Sistem transportasi dan konektivitas yang bisa membikin kemudahan ketika mereka berobat. Ini awal dari investasi besar agar masyarakat Indonesia menjadi sehat,” tegasnya.

Tak hanya itu, Ganjar juga akan menyiapkan akses pendidikan agar terciptanya SDM unggul yang diharapkan nantinya bisa membawa masyarakat Tanah Papua lebih unggul dan sejahtera.

“Menyiapkan akses pendidikan agar kemudian mereka jauh lebih gampang lagi untuk mengembangkan lagi daerahnya karena dibekali ilmu pengetahuan yang cukup, dan kita harapakan mereka akan kembali kepada daerahnya, dan membangun daerahnya,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Adat Wendu dan Matara, Kamilus menyatakan masyarakat sangat mendukung program Ganjar tersebut. Ia mengungkapkan, selama ini sulitnya akses kesehatan karena kurangnya fasilitas dan akses transportasi untuk masyarakat.

Baca Juga: BIJB Kertajati Catat Jumlah Penumpang Capai 49.689 Orang Dalam Sebulan

“Iya, kami sangat mendukung itu 100 persen. Iya sangat bahagia, ini saya punya masyarakat kami senang seperti itu,” pungkasnya. (*)

banner 336x280

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *