oleh

SEBEL KE TIKUS, PAKAI BAHAN DAPUR INI, NOMOR 3 SUNGGUH MENGEJUTKAN

banner 468x60

JAKARTA — Tikus sering kali sulit dideteksi keberadaannya di rumah. Namun jika sudah menemukan hewan ini, kamu bisa mengusirnya dengan bahan-bahan yang biasa ditemukan di dapur.

Umumnya hewan pengerat ini datang ke rumah untuk mencari makanan, air, dan tempat berlindung. Dalam banyak kasus, tempat berlindung kemudian digunakan menjadi tempat berkembang biak.

banner 336x280

Dilansir dari Real Simple, Rabu (18/10/23), berikut beberapa bahan dapur yang bisa mengusir tikus secara alami. Apa saja?

1. Semprotan cabai

Anda perlu meracik sendiri semprotan cabai untuk mengusir tikus ini. Melansir dari A to Z Animals, cabai bisa mempersulit tikus bernapas dengan benar.

Rebus air dalam panci dan haluskan cabai. Lalu, masukkan cabai yang telah dihaluskan dan air yang telah matang ke dalam wadah. Tutupi wadah dan diamkan selama 24 jam.

Saring bubuk cabai yang masih kasar dengan kain tipis. Masukkan air campuran cabai tersebut ke dalam botol semprot.

Semprotkan campuran tersebut ke daerah-daerah yang biasa menjadi sarang tikus.

2. Daun salam

Daun salam boleh jadi aman jika dikonsumsi manusia. Tapi hal yang sama tak berlaku untuk tikus.

Aroma daun salam yang harum biasanya akan menipu tikus bahwa makanan sudah dekat. Namun, saat daun salam itu masuk ke dalam mulut, tikus akan tersedak.

Taburkan daun salam kering di sudut atau area pintu masuk. Ganti taburan daun salam setiap lima hari sekali untuk hasil terbaik.

3. Baking soda

Baking soda juga ternyata bisa jadi racun tikus alami. Caranya juga terbilang mudah. Campurkan tepung, gula, dan baking soda dengan takaran yang sama. Lalu aduk campuran tersebut hingga rata.

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini 5 Brain Foods yang Manjur Bikin Otak Makin Cair

Campuran ini akan berfungsi sebagai umpan. Gula akan menarik perhatian tikus, sementara soda kue akan membuat tikus tersiksa.

4. Bawang bombai, merah, dan putih

Cara alami mengusir tikus lainnya adalah dengan menggunakan berbagai jenis bawang. Mengutip berbagai sumber, bawang bekerja dengan aromanya yang menyengat.

Kupas dan iris bawang bombai/ bawang merah/ bawang putih dan letakkan di tempat yang biasa menjadi sarang tikus.

5. Lada hitam

Lada hitam untuk mengusir tikus juga terbilang ampuh. Pasalnya, lada hitam memiliki kandungan yang cukup beracun untuk tikus. Kandungan tersebut bisa membuat tikus iritasi dan merasa tidak nyaman.

Sama seperti lainnya, taburkan bubuk lada hitam di area-area rumah yang menjadi sarang tikus.

6. Ampas teh

Jika senang minum teh, maka jangan buang ampasnya. Ampas teh bisa Anda gunakan untuk mengusir tikus. Siapa sangka jika ternyata ampas teh bisa merusak pernapasan tikus saat dihirup dan dimakan.

7. Cengkeh

Sama seperti lainnya, cengkeh memiliki aroma tajam yang bisa bikin tikus lari menjauh terbirit-birit. Cengkeh jadi salah satu bahan dapur yang ampuh mengusir tikus. Anda dapat menabur cengkeh di sekitar area yang kerap dikunjungi tikus. (*)

banner 336x280

Komentar

Tinggalkan Balasan