oleh

SENANG NGOPI, HINDARI SAMBIL NGEMIL MAKANAN INI !

banner 468x60

SENANG NGOPI, HINDARI SAMBIL NGEMIL MAKANAN INI !

JAKARTA — Ngopi di pagi hari miliki banyak manfaat sehat untuk tubuh. Selama kopi yang diminum dalam takaran yang wajar dan juga tidak menggunakan pemanis buatan, hingga topping tambahan yang membuat kalori kopi melambung tinggi.

banner 336x280

Jika rutin, kopi bisa membantu menjaga kesehatan otak, menurunkan risiko terkena diabetes tipe dua, sampai menjaga berat badan yang ideal.

Biasanya kopi disajikan dengan roti, biskuit dan sebagainya. Tapi ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari sebelum minum kopi atau saat minumm kopi.

Dilansir dari berbagai sumber, Senin (20/11/23), berikut 4 makanan yang sebaiknya tak dikonsumsi berbarengan dengan kopi, berikut daftarnya:

1. Gorengan

Meski gorengan rasanya enak dan cocok untuk dimakan saat minum kopi, ternyata makanan ini tidak direkomendasikan dan harus dihindari bagi penggemar kopi. Karena kebiasaan makan gorengan saat ngopi justru bisa menimbulkan efek samping pada kesehatan.

Alasannya karena gorengan merupakan makanan yang mengandung lemak jahat dan kolestrol. Tak hanya itu gorengan yang dimasak dalam minyak yang sudah dipakai berulang kali juga bisa membuat makanan ini semakin tidak sehat.

Hasilnya jika gorengan dikombinasikan dengan kafein dalam kopi, bisa memicu meningkatnya kadar kolestrol jahat di dalam tubuh lebih cepat dari biasanya.

2. Daging Merah dan Seafood

Sebaiknya hindari mengonsumsi makanan yang mengandung zinc sebelum minum kopi. Makanan yang mengandung zinc misalnya daging merah dan aneka seafood seperti kerang, kepiting dan lobster.

Bukan tanpa alasan, ini dikarenakan kopi mengandung tanat yang membentuk ikatan dengan beberapa mineral dan makanan. Ikatan ini sangat sulit dipecah oleh tubuh.

Jika setelah makan daging lalu minum kopi, bisa membuat tubuh mengeluarkan zinc yang seharusnya diserap oleh tubuh. Kondisi ini menyebabkan tubuh kekurangan zinc.

3. Produk Olahan Susu

Sebelum minum kopi disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kalsium. Misalnya seperti susu, keju, yogurt dan produk susu lainnya.

Kafein dalam kopi bisa memengaruhi penyerapan kalsium. Selain itu, kafein juga dapat membuat tubuh mengeluarkan kalsium lebih banyak lewat urine.

Efek ini relatif kecil bagi kebanyakan orang. Untuk memastikan agar tubuh memiliki kadar kalsium yang cukup disarankan untuk tidak minum kopi lebih dari 3 cangkir dalam sehari.

4. Kacang-Kacangan

Makanan yang mengandung zat besi juga tidak disarankan untuk dikonsumsi sebelum minum kopi. Zat besi banyak ditemukan pada kacang-kacangan. Hal ini juga berkaitan dengan kandungan tanat.

Tanat pada kopi juga bisa mempengaruhi penyerapan zat besi yang seharusnya diserap oleh tubuh. Jika sesorang mengonsumsi kacang-kacangan sebelum ngopi tubuh bisa kekurangan zat besi. (*)

banner 336x280

Komentar

Tinggalkan Balasan