oleh

DAHSYAT! DAFTAR NAMA BUAH PENGHANCUR BATU GINJAL

banner 468x60

JAKARTA — Batu ginjal terbentuk dari bahan limbah padat dan keras, menumpuk di ginjal lalu membentuk kristal. Umumnya batu ginjal terdiri dari kalsium oksalat.

Hal ini mengakibatkan kesulitan buang air kecil, nyeri yang parah, muntah, dan pendarahan. Asupan buah segar ampuh cegah dan atasi batu ginjal. Selain rasanya asam, manis dan segar buah-buahan juga kaya nutrisi.

banner 336x280

Dilansir dari berbagai sumber, Senin (6/11/23), selain penanganan medis, berikut buah-buahan yang disarankan untuk meluruhkan batu ginjal secara alami, antara lain:

1. Jeruk

Buah-buahan dengan kandungan asam sitrat sangat disarankan termasuk jeruk. Jeruk dengan kandungan air yang tinggi juga berperan meningkatkan produksi urine. Peningkatan frekuensi kencing akan menurunkan risiko pembentukan batu ginjal.

2. Lemon

Tambahkan air perasan lemon pada air putih. Selain menambah rasa pada air putih yang tawar, lemon juga mengandung asam sitrat yang kaya.

Melansir dari Healthline, asam sitrat membantu mencegah pembentukan kalsium oksalat batu ginjal dengan dua cara yakni, berikatan dengan kalsium pada urine lalu mengurangi pembentukan batu ginjal baru serta berikatan dengan batu kalsium oksalat sehingga mencegah pembesaran ukuran batu ginjal.

3. Jeruk nipis

Selain lemon, jeruk nipis dikenal sebagai buah dengan kandungan asam sitrat tinggi. Asam sitratnya akan menetralisir urine dan mencegah pembentukan batu ginjal.

“Misalnya, kristal asam urat terbentuk dan berubah jadi batu dalam lingkungan yang asam. Jadi jika urine Anda bersifat basa [kebalikan dari asam], maka batu urat tidak akan terbentuk, dan Anda sebenarnya dapat melarutkan batu asam urat dengan sitrat dosis tinggi,” jelas ahli urologi, Smita De.

4. Delima

Sejak lama, jus delima telah digunakan untuk meningkatkan fungsi ginjal secara menyeluruh. Ekstrak delima dipercaya dapat memecah batu dan racun dari dalam tubuh.

Delima mengandung antioksidan yang diduga berperan dalam mencegah perkembangan batu ginjal.

Delima juga dapat menurunkan tingkat keasaman urine. Tingkat keasaman yang lebih rendah dapat menurunkan risiko batu ginjal.

5. Raspberry

Melansir dari Insider, sebuah studi pada 2011 menunjukkan bahwa raspberry memiliki efek pencegahan pada pembentukan batu ginjal.

Buah satu ini mengurangi kadar oksalat, kalsium, dan fosfor dalam urine. Kesemuanya berhubungan dengan risiko batu ginjal.

Namun, kita tak direkomendasikan mengonsumsi buah ini dalam porsi besar karena kandungan oksalatnya yang tinggi. (*)

banner 336x280

Komentar

Tinggalkan Balasan