oleh

BEGINI CARANYA RUANGAN SEJUK TANPA AC

banner 468x60

JAKARTA — Kalian sering merasa kepanasan meski ada di dalam rumah? Udara panas sangat menyiksa, apalagi di siang hari. Saat udara panas menyerang, melakukan apa pun rasanya tak nyaman.

Air conditioner (AC) biasanya menjadi salah satu cara untuk membuat ruangan tetap adem saat cuaca panas. Namun sayangnya, tak semua orang memasang AC di rumah.

banner 336x280

Lalu, bagaimana cara agar kamar dingin tanpa AC? Jangan khawatir, ini ada beberapa cara agar ruangan tetap terasa dingin meski tanpa AC. Simak cara yang bisa Anda ikuti, merangkum dari berbagai sumber.

1. Cabut semua alat elektronik yang tidak digunakan

Semua yang menempel pada soket akan menghasilkan panas. Untuk itu, mencabut semua alat elektronik yang tidak digunakan bisa jadi salah satu cara agar ruangan tetap dingin meski tanpa AC.

2. Gunakan cahaya alami

Alih-alih menggunakan lampu, coba gunakan pencahayaan alami sebagai salah satu cara membuat ruangan adem tanpa AC. Lampu sendiri diketahui dapat meningkatkan panas di ruangan kecil.

3. Tutup tirai rumah

Coba tutup tirai dari pagi hingga sore hari. Tindakan sederhana ini bisa membuat suhu di ruangan turun sekitar 4-5 derajat Celsius.

4. Buat taman di luar rumah

Pepohonan yang ditanam di area luar rumah bisa menambah kesejukan dengan hembusan udara. Sebuah pohon dipercaya dapat memblokir lebih dari 70 persen cahaya matahari yang memasuki rumah.

Selain itu, pepohonan dan dedaunan juga menurunkan suhu permukaan dan udara dengan memberikan keteduhan.

5. Buka jendela

Membuka jendela adalah cara yang biasa dilakukan. Jendela yang dibuka membuat udara bisa dengan mudah keluar dan masuk.

Coba buka jendela di pagi hari saat cuaca masih cukup sejuk. Lalu, tutup jendela saat cuaca mulai menghangat, dengan begitu, setidaknya kalian bisa mendapatkan suhu yang adem di pagi hari. (*)

banner 336x280

Komentar

Tinggalkan Balasan