oleh

JEPANG BUANG LIMBAH NUKLIR KE LAUT, INDONESIA PERLU KURANGI IMPOR SEAFOOD

banner 468x60

JAKARTA — Anggota Komisi VI DPR RI Elly Rachmat Yasin menekankan pemerintah agar dapat bertindak tegas dengan keputusan Jepang membuang puluhan ribu ton air tercemar radioaktif dari PLTN Fukushima, Jepang. Ia mengatakan dunia kini mengecam Negeri Sakura itu karena telah membuang limbah nuklir ke laut.

Meski beberapa kalangan menganggap aman, banyak kalangan lain yang mengkhawatirkan dampak jangka panjangnya. “Limbah nuklir memang bikin pusing dunia. Pembuangan limbah radioaktif yang aman hingga saat ini masih diperdebatkan. Kini Jepang justru membuang limbahan PLTN Fukushima ke lautan Pasifik,” tegasnya dalam keterangan tertulis yang diterima Parlementaria, di Jakarta, Senin (16/10/2023).

banner 336x280

Ia menegaskan, siapa pun yang mendapatkan keuntungan dari industri nuklir harus bertanggung jawab atas olahan limbahnya “Karenanya, sepatutnya Jepang menghadapi reaksi penolakan masyarakat internasional atas tindakan cerobohnya. Bagaimanapun juga air limbah dimaksud telah terkontaminasi radioaktif, yang membahayakan bagi manusia dan lingkungan,” pungkasnya.

Lebih lanjut, Politisi Fraksi PPP ini pun meminta agar Pemerintah Indonesia dapat mengurangi impor seafood dari Jepang. Ia meminta Indonesia juga memeriksa ketat produk seafood dari Jepang. (*)

banner 336x280

Komentar

Tinggalkan Balasan