oleh

MPR Gelar Lomba Catur Wartawan, Jurnalis Diminta Tingkatkan Sinergi

banner 468x60

Jakarta, monitorkeadilan — Pelaksana tugas Sekretaris Jenderal (Plt Sesjen) MPR RI Dr. Janedjri M. Gaffar, M.Si di lobi Gedung Nusantara IV, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (27/08/2023) membuka secara resmi Turnamen Catur Wartawan Parlemen 2023 yang memperebutkan Piala Ketua MPR RI.

Turnamen yang diselenggarakan atas kerjasama MPR RI dengan Koordinatoriat Wartawan Parlemen (KWP) ini dalam rangka Peringatan Hari Konstitusi dan HUT MPR RI Ke-78. Hadir dalam acara, Plt Deputi Bidang Admisistrasi Siti Fauziah, SE, MM, Ketua KWP Ariawan dan anggota KWP peserta turnamen.

banner 336x280

Dalam sambutannya, Janedjri menjelaskan bahwa Hari Konstitusi yang jatuh pada tanggal 18 Agustus, latar bekakang sejarahnya adalah dikarenakan konstitusi atau UUD 1945 disahkan oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) pada tanggal 18 Agustus.

Sedangkan HUT MPR yang diperingati setiap tanggal 29 Agustus, karena Komite Nasional Indonesia pusat sebagai cikal bakal lembaga MPR dibentuk pada tanggal 29 Agustus 1945.

Bicara dan mendalami tentang Hari Konstitusi dan HUT MPR, lanjut Janedjri, tentu ada hal yang penting yang perlu diketahui dan sama-sama harus dipahami dan dilaksanakan semua anak bangsa, terkait mengambil tanggung jawab dalam mengawal implementasi konstitusi yang tentu disesuaikan dengan tantangan jaman.

“Saya berharap rekan-rekan wartawan juga ikut mengambil tanggung jawab itu dalam mengawal implementasi konstitusi kita itu secara bersama-sama,” katanya.

Sedangkan tentang lembaga MPR, Janedjri mengungapkan bahwa setelah perubahan UUD kewenangan MPR bergeser. Meskipun begitu, dengan visinya yang luar biasa bukan berarti MPR kehilangan makna di dalam sistem ketatanegaraan Indonesia. Bahkan MPR tampil dengan visi dan perannya sebagai rumah kebangsaan, mengawal ideologi dan berdaulat dengan rakyat

Lebih jauh, Janedri mengungkapkan bahwa peranan MPR ternyata sangat penting untuk membentuk karakter bangsa, terutama untuk generasi Z dan generasi milenials yang memang sudah menjadi perhatian utama di MPR. Apalagi bangsa ini sedang mempersiapkan diri menyongsong Indonesia Emas 2045

“Bagaimana dan apa upaya-upaya kita dalam menyongsong Indonesia Emas itu harus dimulai dari sekarang. Untuk mewujudkan itu semua, MPR tidak bisa bekerja sendiri. MPR harus bekerja sama dan bahu membahu dengan stakeholder pemangku kepentingan. Siapa pemangku kepentingan itu, antara lain bapak ibu saudara yang tergabung dalam Koordinatoriat Wartawan Parlemen,” terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua KWP Ariawan mengatakan, turnamen catur yang digelar saat ini pemenangnya nanti akan maju berlaga pada bulan November, yakni turnamen catur tingkat nasional yang tentunya akan bekerjasama dengan MPR RI kembali.

Ariawan berharap ajang lomba catur internal KWP ini, semakin mempererat tali silaturahmi sesama wartawan Parlemen untuk bersinergi dengan MPR RI, termasuk DPR RI dan DPD RI. Apalagi, antara jurnalis dengan institusi/Lembaga (MPR/DPR/DPD RI), tempat sehari-hari menjalankan tugas liputannya sudah seharusnya saling bersinergi dan mendukung satu sama lain. (*)

banner 336x280

Komentar

Tinggalkan Balasan