oleh

Saatnya Pedagang Kota Sorong “Naik Kelas” dengan Bantuan Cafe Container

banner 468x60

Sorong, www.monitorkeadilan.com — Keberpihakan pemerintah Kota Sorong, Papua Barat, pada sektor UMKM (usaha mikro kecil menengah), terutama bagi mereka pelaku usaha yang masih skala mikro, sangatlah jelas. Berbagai upaya tanpa henti dilakukan Pemkot Sorong untuk mendukung pengembangan ‘usaha mikro’ agar bisa naik kelas (scale up) menjadi ‘usaha kecil’, dan ‘usaha kecil’ dapat naik ke kelas mencapai level ‘usaha menengah’.

Salah satu implementasi kongkrit keberpihakan dan dukungan tersebut adalah bantuan Sarana Box Container (Cafe Container) bagi pelaku usaha mikro. Inisiatif dari Kadis Koperasi dan UKM Kota Sorong dan staff-nya dalam program bantuan ini layak mendapat apresiasi karena bersentuhan langsung dengan kebutuhan dasar pelaku ekonomi kecil di Kota Sorong, yaitu para pedagang.

banner 336x280

Acara pembagian simbolis terealisasi pada Kamis (15/12/2022) di Jalan Canal Victory Km 9,5 Gang Aries, Kelurahan Kladufu, dalam sebuah kegiatan bertema “Fasilitasi Usaha Mikro Menjadi Usaha Kecil dalam Pengembangan Produksi dan Pengolahan SDM Serta Desain dan Teknologi Berupa Bantuan Sarana Box Container (Box Container)”.

Kepala  Dinas Koperasi dan UKM Kota Sorong, Yance Jitmau, SE, memberikan keterangan, “Total dibagikan container ukuran 1 x 2 meter berjumlah 86 unit, container ukuran 2 x 1,5 meter berjumlah 72 unit, container ukuran 2 x 1,8 meter berjumlah 64 unit.” lanjutnya, “Adapun sumber pendanaan program ini berasal dari Dana Otsus (otonomi khusus) DPA Dinas Koperasi dan UKM Kota Sorong Tahun anggaran 2022.”

Semua container tersebut dibagikan kepada pelaku usaha mikro kota Sorong, di mana proporsinya 80% penerima adalah OAP (orang asli Papua) dan sisanya 20% untuk pendatang.

Pj Walikota Sorong, George Yarangga A.Pi, MM, menjelaskan dengan santun dan sederhana di hadapan para perwakilan penerima bantuan beserta seluruh undangan, “Kita harus bersyukur, karena hingga saat ini para pelaku ekonomi, khususnya usaha UMKM, masih terus mendapatkan keuntungan dalam usahanya, walaupun ada yang dapat untung sedikit-sedikit. Oleh karena itu, dengan adanya bantuan-bantuan yang sedang disiapkan oleh pemerintah Kota Sorong yang berasal dari Dana Otsus, agar dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Kalau sudah diberikan, gunakan baik-baik, kalau sebelumnya usaha dengan tempat terbuka, belum menggunakan desain seperti ini (desain box container), sekarang bisa lebih baik.” lanjutnya, “Container seperti ini bisa digembok (dikunci) sehingga barang-barang bisa disimpan di dalam container, tidak perlu dibawa pulang, jadi lebih efisien.”

“Dengan adanya container-container box ini ditaruh di tempat-tempat jualan akan terlihat bagus, tidak lagi pakai tenda-tenda, kita bisa mulai menciptakan Kota Sorong yang lebih rapi dan tertib. Dan yang paling penting, para pedagang-pedagang di kota ini bisa naik kelas.” tegas George Yarangga A.Pi, MM yang disambut tepuk tangan meriah dari semua yang hadir.

(MK 01/FER)

banner 336x280

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed