oleh

Sah ! Jenderal Andika Perkasa Jadi Panglima TNI Gantikan Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Ucapkan Selamat

banner 468x60

Setelah disetujui DPR RI beberapa waktu lalu, kini Jenderal Andika Perkasa resmi dilantik menjadi Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto.

Pelantikan terhadap Jenderal Andika Perkasa dilakukan Presiden Joko Widodo di Istana Negara pada Rabu (17/11/21).

banner 336x280

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia Tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” bunyi petikan sumpah yang diucapkan Jenderal Andika Perkasa pada pelantikannya.

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggungjawab, saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit,” lanjutnya.

Setelah pembacaan sumpah jabatan, pelantikan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pengangkatan sumpah jabatan Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI.

Menko Polhukam Mahfud MD dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menjadi saksi dalam penandatangan tersebut.

Selanjutnya, Presiden Joko Widodo menyematkan tanda pangkat dan jabatan serta menyerahkan tongkat komando kepada Jenderal Andika Perkasa. Acara pelantikan pun ditutup dengan lagu Indonesia Raya.

Atas pelantikan tersebut, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengucapkan selamat.

“Dalam kesempatan ini saya Jenderal Polisi Drs Listyo Sigit Prabowo Kepala Kepolisian Republik Indonesia beserta keluarga besar Polri mengucapkan selamat atas pelantikan Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima TNI,” terang Sigit, melansir akun Instagram resminya miliknya @kepalakepolisian_ri, Jakarta, Rabu (17/11/2021).

Sigit pun berharap, dilantiknya Jenderal Andika sebagai Panglima, ke depannya sinergitas dan soliditas TNI-Polri akan semakin kuat dalam menghadapi berbagai macam ancaman dan tantangan yang dihadapi oleh Indonesia.

“Semoga soliditas dan sinergitas TNI-Polri semakin kuat dalam menghadapi berbagai tantangan dan ancaman yang akan mengganggu stabilitas bangsa dan negara sebagai modal utama dalam proses pembangunan nasional,” tutur Sigit.

Sigit mengungkapkan, sebagai garda terdepan penjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI, TNI senantiasa harus selalu siap siaga dalam menghadapi perkembangan dinamika lingkungan strategis yang makin kompleks serta spektrum ancaman yang makin luas.

Antara lain, ancaman siber, perang hybrid, pelanggaran kedaulatan dan ancaman lainnya.

“Untuk itu diperlukan sosok TNI yang profesional dan modern sehingga dapat bertransformasi menjadi kekuatan pertahanan Indonesia yang mampu berperan di lingkungan strategis regional maupun global,” terang Sigit.

Di kesempatan yang sama, Sigit juga menyebut, TNI dan Polri merupakan garda terdepan dalam penanganan dan pengendalian Pandemi Covid-19 di Tanah Air.

“Pada masa Pandemi Covid-19 ini, TNI bersama Polri senantiasa hadir sebagai sumber kekuatan strategis dalam rangka pengendalian Covid-19 dan menjaga stabilitas pertahanan dan keamanan NKRI,” papar Sigit.

Sigit juga yakin, TNI akan bisa semakin dicintai oleh masyarakat dan selalu berada di garis terdepan dalam menjaga kedaulatan NKRI.

“Saya yakin TNI akan makin profesional dan dicintai rakyat serta hadir dalam menjaga kedaulatan NKRI. Baik di darat, laut maupun udara. Selamat bertugas. TNI adalah kita,” pungkasnya. ***

banner 336x280

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed