oleh

Kapolres Merauke : Budi Daya Padi India di Merauke Membuahkan Hasil

banner 468x60

“Saya berterima kasih kepada mama-mama Papua asal suku Mapi yang sudah mulai menanam, sehingga hari ini juga mereka yang memanennya.”

Kapolres Merauke AKBP Ir. Untung Sangaji, M. Hum menyebut, budi daya padi India yang ia gagas bersama petani padi Distrik Tamah Miring Kabupaten Merauke, Papua membuahkan hasil.

banner 336x280

Kurang lebih tiga bulan lebih padi India sekira 5 Kg mulai disemai dan kemudian ditanam oleh masyarakat asli Papua Suku Mappi di daerah Tanah Miring.

Sebelumnya, bibit padi disiapkan Kapolres Merauke dengan tujuan padi India akan semakin banyak dibudi daya petani setempat.

“Ini perdana kita tanam, dengan lima kilo padi saja, tanpa pupuk tapi hasilnya bagus sekali. Apa lagi kalau kita pakai pupuk. Saya bangga dengan petani kita, mereka suskes merawatnya sehingga kita bisa panen,” terang AKBP Untung Sangaji, Kamis (19/8/2021) saat dikonfirmasi.

Dengan bangga, ia bersama Kasat Binmas dan Kapolsek Tanah Miring Iptu M. Rengil beserta anggotanya dan warga melaksanakan panen padi India perdana.

Keunggulan padi India ini memiliki ukuran bulir yang lebih panjang dibanding padi lainnya. Selain itu, tahan terhadap serangan hama serangga.

“Saya berterima kasih kepada mama-mama Papua asal suku Mapi yang sudah mulai menanam, sehingga hari ini juga mereka yang memanennya,” ujar Untung.

Padi yang ditanam di atas lahan 10×20 meter ini akan tetus dikembangkan bibitnya, guna membantu ketahanan pangan bagi warga setempat di masa Pandemi Covid-19.

banner 336x280

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed