oleh

PSU di Nabire Berjalan Lancar

banner 468x60
Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Nabire 2020, berlangsung lancar, Rabu (28/7/2021).

Proses pemilihan di 304 TPS di 15 distrik secara umum juga bisa dikatakan tidak ada hambatan dengan pemilih menggunakan hak suaranya sesuai Daftar Pemilih Tetap (DPT) atau mereka yang menggunakan KTP-el di satu jam terakhir pemungutan suara.

“Secara umum PSU Nabire berjalan lancar. Kami sedang merangkum laporan pelaksanaan PSU di Nabire ini, kan menggunakan DPT yang dimutakhirkan sehingga kami memperbolehkan bagi orang-orang yang tidak terdaftar di DPT tapi punya KTP-el boleh memilih. Nah jam 12.00 sampai jam 13.00 kita perbolehkan, tapi secara umum semuanya berjalan lancar,” ungkap Ketua KPU RI Ilham Saputra saat memonitoring proses PSU bersama Anggota KPU RI, Viryan, KPU Nabire dan Forkopimda.

banner 336x280

Sementara Viryan juga menyampaikan terima kasih atas dukungan seluruh pihak dalam menyukseskan PSU ini. Berkat dukungan tersebut proses PSU berjalan aman kondusif. “Alhamdulilah PSU secara keseluruhan berjalan lancar jauh lebih baik dari sebelumnya, KPU berterima kasih kepada pemerintah daerah, aparat Kepolisian, TNI, Bawaslu dan pihak lain yang membantu kondusivitas PSU ini,” tambah Viryan.

Diluar proses pelaksanaan PSU, ada hal menarik saat Ketua KPU RI Ilham Saputra bersama rombongan datang ke TPS tidak mengendarai mobil tapi dengan motor trail. Mereka kemudian menyusuri jalan-jalan di Distrik Nabire mulai pukul 10.00 WIT.

Setidaknya ada 5 TPS yang didatangi yakni TPS 010 (Kampung Kalibobo) 04 (Kampung Wonorejo), 019 (Kampung Nabarua), 020 (Kampung Nabarua) dan 003 (Kampung Kali harapan).

Di tempat berbeda Kepala Biro Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Melgia Carolina Van Harling bersama Kepala Biro Perundang-Undangan, Nur Syarifah juga mendatangi sejumlah TPS memastikan prosedur teknis pelaksanaan PSU berjalan dengan lancar, baik penerapan aturan protokol kesehatan Covid-19 sampai penggunaan formulir oleh petugas KPPS. Selain itu, keduanya juga memastikan penggunaan Sirekap berjalan dengan benar.

banner 336x280

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed