oleh

RAPI Kabupaten Sorong Tetap Solid dan Produktif

banner 468x60

Kabupaten Sorong, monitorkeadilan.com — Sebagai organisasi Radio terbesar, ketua RAPI (Radio Antar Penduduk Indonesia) Kabupaten Sorong, Papua Barat, Purwanto JZ 29 DV, tegas menyatakan organisasi yang dipimpinnya sangat solid. Hal ini Purwanto sampaikan kepada monitorkeadilan.com menanggapi adanya informasi organisasi RAPI di wilayah-wilayah lain yang tidak kompak.

Purwanto menjelaskan, RAPI Kabupaten Sorong berjalan secara terorganisir karena melibatkan semua pengurus sesuai dengan porsi tugasnya masing-masing. Kesolidan mereka pun dapat dilihat dari fakta harmonisnya hubungan antara pengurus dan anggota.

banner 336x280

“Jika organisasi tidak lagi kompak antara pengurus dan anggota, maka hancurlah organisasi itu,” kata Purwanto. Harmoni organisasi RAPI Kabupaten Sorong tentu tidak terjadi begitu saja, melainkan dibangun secara kolektif dan berkesinambungan di bawah kepemimpinan yang dapat mengayomi kepentingan bersama.

Hasilnya sangat jelas, anggota RAPI Kabupaten Sorong adalah penerima piagam penghargaan terbanyak dibandingkan wilayah lain. Hal itu adalah buah dari soliditas, antara ketua, pengurus hingga anggota, semua satu suara dan satu komando.

Dan untuk menjaga persatuan tetap kokoh, RAPI Kabupaten Sorong tidak membuka cabang di tingkat kecamatan, semua tetap terpusat di tingkat wilayah, sehingga anggota tidak “terkotak-kotak”.

Lanjutnya, “Tujuan pembentukan RAPI Kabupaten Sorong sejak awal murni untuk membangun silaturahmi dan sinergi, tidak ada motif ekonomi dan mencari keuntungan bagi pengurus. Kita masing-masing beli dengan uang sendiri RIG, HT, dan antena. Jadi kalau di wilayah lain ada yang sampai tidak kompak, itu sebuah kesalahan besar.”

RAPI Kabupaten Sorong yang sudah aktif sejak tahun 1990-an ini pun terus menjaga eksistensi dengan mengadakan berbagai kegiatan seperti arisan rutin dan kerja bakti, bahkan mereka pernah mengadakan kerja bakti bersama Bupati Kabupaten Sorong, Jhon Kamuru. Kepercayaan pemerintah daerah pada RAPI juga dibuktikan dengan melibatkan mereka dalam program vaksinasi.

Pengurus dan anggota RAPI juga dengan setia melayani masyarakat melalui program Bankom (Bantuan Komunikasi). Bekerjasama dengan masyarakat luas, RAPI Kabupaten Sorong setiap malam dari pos kampling memberi kabar melalui udara bila terjadi musibah atau bencana di wilayah masing-masing.

(MK/Nasional)

banner 336x280

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed