oleh

Buton Utara Ultah ke-14, Saatnya Mengingat Kembali Cita-cita Dirikan Daerah Otonomi Baru

banner 468x60

Kabupaten Buton Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara, genap di usia 14 Tahun. Tepat pada tanggal 2 Juli 2021, diperingati dengan upacara mengenang perjuangan menjadi daerah otonom baru yang dilaksanakan lapangan Gedung Islamic Center Buton Utara, Jum’at (2/7).

 

MONITORKEADILAN — Dengan Penuh Hikmat Upacara tersebut turut hadir wakil bupati buton utara, ketua dan unsur pimpinan DPRD Buton Utara, seluruh pejabat lingkup Kabupaten Buton Utara, seluruh anggota Forkopimda, ketua KPU, Bawaslu Tim Penggerak PKK, camat, para lurah, para kepala desa, tokoh agama, tokoh perempuan, tokoh adat, para siswa SD, SMP dan SMA serta Pramuka.

banner 336x280

Seperti halnya tahun-tahun sebelumnya, dalam rangkaian upacara terlebih dahulu dibacakan naskah sejarah perjuangan pemekaran hingga terbentuk daerah otonomi baru.

Bupati Buton Utara Muhammad Ridwan Zakariah selaku inspektur upacara mengatakan bahwa peringatan HUT Kabupaten Buton Utara ke-14 ini merupakan peristiwa bersejarah oleh seluruh masyarakat Buton Utara. Upacara hari ini sebagai wujud ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT atas apa yang telah kita raih.

Makna yang terkandung di hari ulang tahun ini adalah bagaimana meningkatkan ajaran-ajaran kebaikan, nilai keikhlasan, makna perjuangan dan pengabdian.

“Sebesar apapun tantangan yang menghadang, kita akan tetap melangkah untuk meraih cita mewujudkan masyarakat yang maju, adil dan sejahtera,” kata Ridwan Zakariah.

Selanjutnya, kata Bupati bahwa HUT Kabupaten Buton Utara kali ini juga merupakan momen untuk memupuk kemajuan, semangat dan prestasi yang kita akan raih dalam meningkatkan ekonomi masyarakat di tengah wabah Covid 19.

Butur juga telah terbukti kedewasaannya yang ditunjukkan dalam pelaksanaan pilkada 2020 lalu, terbukti dapat berlangsung aman tertib dan menghasilkan Bupati dan Wakil Bupati.

“Kesemuanya adalah buah korelasi yang baik dan harmonis antara pemerintah daerah, pihak keamanan TNI-Polri, Bawaslu, KPU dan seluruh masyarakat Butur,” ujarnya.

Peringatan hari ulang tahun ini, lanjutnya, merupakan momentum untuk memupuk semangat kebersamaan, persatuan, kemajuan, dan prestasi yang terus akan diraih.

Dijelaskan juga, kondisi Kabupaten Buton Utara memiliki kemajemukan yang harus sinergi, keterpaduan dan saling menjaga keharmonisan hubungan demi terwujudnya masyarakat yang lebih sejahterah.

Pada kesempatan itu juga Bupati mengajak semua masyarakat untuk sejenak merenungkan bahwa inilah saatnya yang tepat untuk kita mendedikasikan peran dan sikap kita terhadap pembangunan di kabupaten buton utara kedepan yg lebih maju.

Oleh karena itu, ia mengajak masyarakat Buton Utara untuk menghargai keberagaman, menjaga komitmen, sinergi, saling menjaga keharmonisan hubungan serta peran seluruh jajaran sesuai dengan peran sertanya masing-masing sehingga kita dapat mewujudkan masyarakat yang Maju, Adil dan Sejahtera.

banner 336x280

Komentar

Tinggalkan Balasan