oleh

Di SMA YPK Merauke, Sekolah Gratis Siswa pun Bisa Dapat Uang

banner 468x60

MONITORKEADILAN — SMA YPK Merauke tidak meminta biaya sepersen pun alias gratiskan siswa yang sekolah di sekolah tersebut.

Langkah ini, karena semua pembiayaan sudah dibiayai dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Di tahun 2021 ini, dana BOS naik menjadi Rp2.400.000/siswa/tahun dibandingkan tahun sebelumnya, hanya Rp1.400.000.

banner 336x280

“Rp2.400.000 ini di dalamnya ada belanja untuk kebutuhan siswa. Jadi sangat cukup untuk belanja kebutuhan sekolah siswa,” ujar Kepala Sekolah SMA YPK , Soleman Jambormias, Selasa (22/6/2021).

Ia merincikan, seperti pembelian seragam sekolah, pakaian pramuka, pakaian olahraga, kelengkapan alat tulis dan kebutuhan lainnya dan semua kebutuhan sekolah digratiskan sampai siswa tamat sekolah. Bahkan tidak ada pungutan komite atau biaya lainnya.

“Kita berharap, siswa ini cuma tahu masuk dan belajar saja, karena tidak terbebani dengan pembiayaan,” ujar Jambormias.

Selain itu, 50 persen dari dana BOS dipakai untuk pembayaran honor sekolah. Pencairannya dilakukan tiga kali dalam setahun.

Dana tersebut juga akan diberikan ke siswa senilai Rp500.000 bagi kelas X untuk program Indonesia Pintar dari Presiden Jokowi. Sedangkan kelas XI dan XII mendapatkan Rp1.000.000/orang untuk program yang sama.

“Kita bisa memanfaatkan itu untuk bekerjasama dengan siswa dan orang tua untuk membiayai dia dalam mencukupi kebutuhan pendidikan. Dan kami sudah lama menggaratiskan ini. Kita bersyukur di tahun ini ada peningkatan dana BOS,” ujarnya.

Di tahun ajaran baru ini, kata Soleman penerimaan siswa baru dibatasi sampai 190 siswa. Sementara yang baru kembalikan formulir baru 130 calon siswa.

banner 336x280

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed