oleh

Pilkada Serentak Masih Jauh, Tiga Nama Mulai Dibicarakan di Gorontalo

banner 468x60

Gorontalo, monitorkeadilan — Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Nasional memang masih jauh. Pesta politik untuk memilih kepala-kepala daerah itu akan digelar tahun 2024.

Di Gorontalo, setidaknya tiga nama mulai digadang-gadang akan berebut menggantikan posisi Rusli Habibie sebagai gubernur setempat. Ketiga nama adalah Idris Rahim, Rahmat Gobel, dan Nelson Pomalingo.

banner 336x280

Sebagai Wakil Gubernur Gorontalo, Idris Rahim telah dua periode mendampingi Rusli Habibie. Tentu saja namanya sangat moncer di kalangan masyarakat setempat. Namun dua nama lainnya juga merupakan nama-nama yang tak kalah populer, sehingga persaingan dalam Pilkada Serentak bakal ketat.

Rahmat Gobel juga sangat populer di provinsi hasil pecahan Sulawesi Utara tersebut. Hingga di pelosok desa nama pengusaha level internasional sekaligus mantan Menteri Perdagangan itu cukup dikenal.

Sedangkan Nelson Pomalingo saat ini merupakan bupati dari kabupaten dengan jumlah pemilih terbanyak di Provinsi Gorontalo.

Nelson juga merupakan deklarator pembentukan Provinsi Gorontalo. Dia pun pernah dua periode menduduki kursi Rektor Universitas Negeri Gorontalo (UNG).

Diperkirakan, basis massa pendukung Nelson dalam Pilkada Serentak 2024 adalah masyarakat di Kabupaten Gorontalo, para pendukung pembentukan Provinsi Gorontalo, serta kalangan intelektual terutama para mantan mahasiswa UNG.

Ketua Fraksi PPP DPRD Gorontalo Utara, Mathran Lasunte, mengatakan bahwa partainya telah menjatuhkan pilihan kepada Nelson Pomalingo untuk diusung menjadi bakal calon gubernur dalam Pilkada Serentak 2024.

“Berdasarkan hasil Muswil yang berlangsung beberapa hari lalu,” kata Mathran melalui sambungan telepon selular, Jumat 28 Mei 2021.

Pilihan para pengurus partai tingkat provinsi tersebut selanjutnya akan dibawa ke Jakarta untuk mendapatkan restu dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

“Sejauh ini di Gorontalo hanya PPP yang sudah membuat rekomendasi terkait bakal calon dalam Pilkada Serentak 2024, partai lain belum,” katanya.

Idris Rahim dijagokan dengan alasan paling berpengalaman mengelola pemerintahan provinsi ketimbang calon-calon lawan politik.

Sedangkan mantan Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Gorontalo yang kini membuka praktek pengacara di Jakarta, Agus Floureze, lebih menjagokan Rahmat Gobel.

Menurutnya kebesaran nama Rahmat Gobel mengalahkan dua nama lain yang mulai dibicarakan terkait Pilgub Gorontalo. Alasannya, jika Idris dan Nelson masih merupakan tokoh-tokoh lokal, justru Rahmat merupakan tokoh nasional bahkan internasional.

“Apa lagi saat ini Rahmat Gobel mengetuai Partai Nasional Demokrat tingkat provinsi. Menjadi bakal calon gubernur merupakan jatah Ketua DPW partai politik,” kata Agus melalui sambungan telepon, Jumat 28 Mei 2021.

Karena sediaan kendaraan politik, lanjut Agus, membuat peluang Rahmat Gobel lebih baik ketimbang Idris Rahim yang hingga saat ini belum jelas akan mengendarai partai apa. ***

banner 336x280

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed