oleh

WASPADA, PAPUA BARAT HUJAN LEBAT DAN ANGIN KENCANG HARI INI

banner 468x60

Jakarta, monitorkeadilan — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat di wilayah Papua Barat untuk mewaspadai potensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang pada Kamis (22/4) hari ini.

Peringatan terhadap potensi yang sama juga disampaikan untuk masyarakat di Banten, Jawa Barat, dan Jawa Tengah. Selain itu, wilayah Kalimantan Barat, Sulawesi Tenggara, dan Maluku.

banner 336x280

Potensi hujan juga terdapat untuk wilayah Kepulauan Bangka Belitung, DKI Jakarta, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Selatan.

Sementara masyarakat di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat dan Kalimantan Utara diminta mewaspadai kemungkinan terjadi banjir dan banjir bandang akibat hujan lebat yang diperkirakan akan mengguyur wilayah-wilayah tersebut.

Situs BMKG melaporkan, hari ini sebagian besar wilayah Jawa dan Sumatera berpotensi diguyur hujan lebat yang disertai kilat serta angin kencang.

Dijelaskan, Taifun Surigae terpantau di Samudera Pasifik Timur Filipina bergerak ke arah barat laut.

Pergerakan tersebut secara tidak langsung membentuk daerah pertemuan angin atau konfluensi memanjang dari Kalimantan bagian Utara, Laut Sulawesi, perairan Maluku Utara sampai Samudera Pasifik di Utara Papua Barat.

Di samping itu, juga terbentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin atau konvergensi memanjang dari Kalimantan Tengah sampai pesisir Timur Kalimantan Utara.

Sirkulasi siklonik lainnya juga terpantau di perairan barat Sumatera Utara yang membentuk daerah konvergensi memanjang dari perairan Aceh hingga pesisir timur Sumatera Utara.

Seluruh kondisi tersebut meningkatkan potensi hujan lebat disertai kilat atau petir serta angin kencang di sejumlah daerah mulai dari Aceh, Sumatera Utara, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, dan Lampung untuk wilayah Sumatera. ***

banner 336x280

Komentar

Tinggalkan Balasan