oleh

INI ALASAN PEMERINTAH LARANG MUDIK LEBARAN

banner 468x60

Jakarta, monitorkeadilan — Berbagai reaksi diungkap warga masyarakat terkait larangan pemerintah tentang mudik lebaran tahun ini.

Di media sosial reaksi-reaksi tersebut diungkap dengan berbagai cara.

banner 336x280

Pada umumnya masyarakat mempertanyakan alasan larangan.

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan, larangan mudik bertujuan menyelamatkan masyarakat Indonesia dari bahaya Covid-19 yang masih mengkhawatirkan.

“Peniadaan mudik ini adalah untuk kepentingan bersama. Untuk keselamatan bersama, agar bangsa kita bisa terhindar dari Covid-19,” kata Doni di Rapat Koordinasi Penanganan Covid-19 bersama Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Selasa (20/4).

“Mohon bersabar, jangan pulang kampung dulu. Kerinduan terhadap keluarga bisa menimbulkan hal yang tragis,” sambungnya.

Ia menambahkan, kebijakan pemerintah melarang mudik Lebaran belajar dari pengalaman sebelumnya. Pada tahun 2020, pemerintah tidak melarang masyarakat untuk mudik Lebaran Idul Fitri. Akibatnya, kasus positif Covid-19 sempat meningkat tajam.

Tak hanya itu, libur panjang Natal dan tahun baru 2021 juga sempat memicu peningkatan kasus positif Covid-19 di Indonesia.

“Kepulangan perantau ke kampung halaman akan menimbulkan persoalan, meningkatkan kasus Covid-19 di berbagai daerah. Apalagi kalau daerah tidak memiliki fasilitas rumah sakit yang memadai, maka dampaknya akan sangat fatal,” tandas Doni Monardo.

banner 336x280

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed