oleh

5 Tips Liburan Aman di Masa Pandemi

banner 468x60

Jakarta, monitorkeadilan.com — Menikmati libur panjang di akhir pekan tentu tidak dilarang. Namun di masa pandemi penyakit berbahaya seperti Covid-19, sejumlah tips patut dipertimbangkan.

Dikutip dari portal Kepolisian Daerah Metro Jaya, Jakarta, Ketua Departemen Epidemiologi Universitas Indonesia, Tri Yunis Miko Wahyono memberikan sejumlah tips liburan aman dari penularan Covid-19.

banner 336x280

1. Pastikan tubuh dalam kondisi fit

Pastikan kondisi tubuh sehat sebelum memutuskan berangkat liburan. Jika kondisi fisik bermasalah sebaiknya tunda perjalanan. Ada baiknya untuk mencari hiburan di dekat rumah dengan jarak terjangkau.

2. Hindari kerumunan

Pilih daerah wisata yang tak terlalu padat, karena menghindari potensi penyebaran virus corona. Dalam situasi apapun di tempat umum seperti tempat makan, hindari berkerumun dan3. patuh pada prinsip jaga jarak 2 meter.

3. Hindari droplet (percikan air liur)

Selama ini penyebaran virus corona terjadi melalui penularan droplet, dari percikan air liur saat berbicara. Karena itu, tetaplah memakai masker dan bila perlu menggunakan face shield.

4. Pilih lokasi liburan terbuka

Pastikan lokasi hiburan itu di tempat terbuka seperti pantai atau wisata pegunungan. Hindari berlibur di ruangan tertutup tanpa sirkulasi udara yang baik.

5. Perhatikan status zona tujuan liburan

Status zonasi lokasi wisata yang bakal dituju sebaiknya diketahui lebih awal, apakah statusnya zona hijau, kuning, oranye, atau merah. Status itu bisa diketahui dengan mengunjungi laman resmi Covid-19.

banner 336x280

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed