oleh

Boleh Belajar Tatap Muka di Sekolah, Tapi Ini 6 Syaratnya

banner 468x60

Jakarta, monitorkeadilan.com — Belajar tatap muka di sekolah kini dibolehkan dilakukan di daerah berstatus zona hijau Covid-19. Namun begitu sejumlah standar diberlakukan.

Tentang belajar tatap muka dibolehkan, dibenarkan Tim Komunikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, dr. Reisa Broto Asmoro. Dokter cantik itu mengatakan belajar tatap muka akan dimulai secara bertahap. Pihak sekolah pun diharuskan memenuhi persyaratan untuk mengamankan setiap personil belajar dari Covid-19.

banner 336x280

Dalam konferensi pers melalui kanal Youtube BNPB, Sabtu (4/7), Dokter Reisa menegaskan bahwa di masa pandemi yang terpenting adalah kesehatan dan keselamatan anak-anak.

Reisa pun menyebutkan enam syarat bagi sekolah yang ingin kembali menggelar belajar tatap muka. Dia menyebut antara lain ketersediaan sarana sanitasi yang terjaga seperti toilet bersih, tempat cuci tanan, handsanitizer dan disinfektan.

Harus juga tersedia akses fasilitas layanan kesehatan, siap menerapkan area wajib masker di sekolah, memiliki thermo gun untuk mengukur suhu tubuh.

Kelima, mampu memetakan warga sekolah yang tidak boleh melakukan kegiatan di sekolah. Antara lain memiliki kondisi medis penyerta atau komorbid, kemudian yang tidak memiliki akses transportasi yang menerapkan jaga jarak.

Selain itu, para warga sekolah yang memiliki riwayat perjalanan dari zona kuning, oranye dan merah atau riwayat kontak dengan orang terkonfirmasi positif Covid-19 dan belum menyelesaikan isolasi mandiri selama 14 hari.

Terakhir, membuat kesepakatan bersama komite sekolah untuk memulai pembelajaran tatap muka. “Tentunya orangtua harus menyetujui pembelajaran tatap muka jika semua sudah sepakat maka baru bisa dimulai,” tuturnya.

Dalam hal ini, orang tua atau wali murid harus memeriksa kesiapan kesehatan anak anak pastikan mereka bisa mengikuti pembelajaran tatap muka di sekolah. “Jangan memaksa pastikan siap secara fisik, mental lahir dan batin,” tukasnya.

banner 336x280

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed