oleh

Inilah Rumput yang Ditanam Presiden untuk Atasi Lahan Kritis

banner 468x60

Jakarta, monitorkeadilan.com — Perlu jenis tanaman baru untuk mengatasi lahan kritis. Belum lama ini lahan kritis di Kecamatan Sukmajaya Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menyebabkan bencana longsor.

Perlu dilakukan penanaman kembali terhadap lahan-lahan kritis. Di samping untuk mencegah bencana serupa di kemudian hari, penghijauan juga dapat memperbaiki kualitas air. Selain itu penghijauan pula dapat meningkatkan nilai ekonomis.

banner 336x280

Belum lama ini Presiden Joko Widodo bersama warga masyarakat melakukan penanaman di lahan kritis Desa Pasir Madang Kecamatan Sukajaya, Bogor. Selain tanaman buah-buahan seperti durian, jambu, jengkol, rasamala, Presiden juga menanam sejenis rumput. Lho, kok rumput?

Namanya rumput Vetiver. Rumput jenis ini akar serabutnya dapat masuk menembus tanah hingga kedalaman 6 meter hingga memiliki kemampuan yang besar untuk menahan lapisan tanah untuk mencegah erosi dan sedimentasi, memperbaiki kualitas tanah, juga memperbaiki kualitas air.

”Jadi ini adalah Vetiver yang ini kita tanam. Fungsinya adalah agar lahan-lahan yang ada ini tidak kritis, karena akarnya bisa sampai 3-4 meter ini, Vetiver ini, ya,” kata Presiden dalam acara Penanaman Tanaman Vetiver Serentak, di Desa Pasir Madang, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Sebelum melakukan penanaman Vetiver, Presiden Jokowi meninjau Desa Harkat Jaya yang merupakan wilayah yang terkena longsor beberapa waktu lalu.

banner 336x280

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed