oleh

Otak Atik Peluang Indonesia Ke Semi Final Sea Games setelah Bantai Brunei 8-0

banner 468x60

Jakarta, monitorkeadilan.com — Indonesia berhasil mengalahkan Brunei dengan skor 8-0. Berikut cara lolos Indonesia ke semifinal SEA Games 2019 setelah menang di partai keempat.

Kemenangan atas Brunei dengan skor 8-0 membuat Indonesia kini mengoleksi sembilan poin. Indonesia berhak atas posisi kedua karena unggul selisih gol dibandingkan Thailand.

banner 336x280

Indonesia punya selisih gol +11 sedangkan Thailand punya selisih gol +10. Di laga terakhir, Indonesia akan menghadapi Laos sedangkan Thailand akan bertemu Vietnam.

Vietnam ada di posisi teratas dengan nilai 12 poin dan selisih gol +13.

Berikut tiga cara lolos Indonesia ke semifinal SEA Games 2019:

1. Menang

– Indonesia menang atas Laos cukup dengan selisih satu gol. Hal itu akan membuat selisih gol Indonesia ada di angka +12. Catatan itu merupakan angka aman dan membuat Indonesia lolos ke semifinal, tak peduli siapa pemenang di laga Thailand lawan Vietnam. Namun status Indonesia [juara grup/runner up grup] masih tetap harus menunggu hasil akhir laga Thailand vs Vietnam.

– Indonesia menang atas Laos dan di saat bersamaan Vietnam menang atas Thailand. Hal ini akan membuat Indonesia jadi runner up dengan nilai 12 poin, di bawah Vietnam yang mencatat 15 poin.

– Indonesia menang atas Laos dan di saat bersamaan Thailand lawan Vietnam berakhir imbang. Indonesia akan jadi runner up dengan nilai 12 poin, di bawah Vietnam yang mencatat 13 poin.

2. Seri

– Indonesia bermain seri lawan Laos. Di saat bersamaan duel Vietnam lawan Thailand berakhir imbang. Hal itu akan membuat Indonesia berhak atas posisi runner up karena unggul selisih gol atas Thailand.

– Indonesia bermain seri lawan Laos. Di saat bersamaan Vietnam mengalahkan Thailand. Indonesia akan mengoleksi 10 poin dan jadi runner up, di bawah Vietnam yang mencatat 15 poin.

3. Kalah

– Indonesia kalah dari Laos. Namun di saat bersamaan Vietnam menang atas Thailand.

Indonesia bisa lolos dengan catatan tidak kalah dengan skor lebih telak dibandingkan kekalahan Thailand. Hal itu akan membuat Indonesia jadi runner up dengan keunggulan selisih gol.

Timnas Indonesia Bantai Brunei Darussalam 8-0

Timnas Indonesia berhasil melumat Brunei Darussalam dengan skor 8-0 pada laga keempat Grup B SEA Games 2019 di Stadion Binan, Selasa (3/12).

Indonesia yang butuh kemenangan besar di laga ini langsung tancap gas sejak menit awal. Namun, Brunei yang memeragakan pertahanan berlapis sempat menyulitkan Garuda Muda.

Skuat arahan Indra Sjafri baru berhasil memecah kebuntuan di menit ke-11. Umpan silang mendatar Saddil Ramdani dari sisi sayap kanan berhasil dituntaskan Osvaldo Haay.

Empat menit berselang, Indonesia malah nyaris kebobolan. Hanif Aiman menyambut umpan silang dengan tandukan namun usahanya masih melebar tipis di kanan gawang Muhamad Riyandi.

Saddil Ramdani nyaris menggandakan keunggulan Indonesia pada menit ke-22. Sayang, tembakannya masih mampu diblok pemain belakang lawan sehingga bola melambung tipis di atas mistar gawang.

Indonesia sempat mengalami kebuntuan untuk mencetak gol hingga menit ke-35. Bahkan Brunei sesekali mampu merepotkan melalui skenario serangan balik.

Tim Merah Putih baru berhasil mengubah skor menjadi 2-0 berkat gol Egy Maulana Vikri di menit ke-40. Umpan tumit Saddil mampu dituntaskan tendangan keras Egy di kotak penalti.

Usai mencetak gol, Egy berhasil memberikan assist kepada Osvaldo di masa injury time babak pertama. Skor 3-0 untuk keunggulan Indonesia bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Indonesia terus mengurung pertahanan Brunei. Lima menit setelah kick off, Saddil berhasil membawa Indonesia unggul 4-0.

Umpan tarik Osvaldo Haay di mulut gawang dengan mudah diteruskan Saddil. Sejauh ini mantan pemain Persela Lamongan itu tampil impresif dengan torehan dua assist dan satu gol.

Witan Sulaiman yang masuk sebagai pemain pengganti sukses memperlebar keunggulan Indonesia menjadi 5-0 pada menit ke-68. Empat menit berselang, Osvaldo membawa Indonesia unggul 6-0 sekaligus mencetak hattrick pada laga ini.

Indonesia yang terus menggempur pertahanan Brunei berhasil menambah dua gol tambahan dari sundulan Andi Setyo memanfaatkan sepak pojok dan individu brilian Egy Maulana.

Evan Dimas Darmono nyaris menambah derita Brunei di masa injury time. Sayang, tendangan bebasnya masih menerpa tiang. Indonesia pun mengakhiri laga dengan kemenangan 8-0 atas Brunei.

Susunan pemain Indonesia vs Brunei:

Timnas Indonesia XI: 1-Muhamad Riyandi, 4-Nurhidayat, 5-Bagas Adi, 2-Andy Setyo, 14-Asnawi Mangkualam, 7-Zulfiandi, 6-Evan Dimas Darmono, 17-Syahrian Abimanyu, 10-Egy Maulana Vikri, 15-Saddil Ramdani, 20-Osvaldo Haay.

Brunei XI: 1-Haimei Anak, 6-Wafi Aminuddin, 7-Muhammad Nur Asyraff, 8-Muhammad Nur Ikhmal, 11-Muhammad Hanif, 14-Haziq Kasyful Azim, 15-Muhammad Rahimin, 17-Muhammad Amin, 19-Mohammad Hanif, 20-Adi Said, 9-Faiq Bolkiah.

(MK/Sport)

banner 336x280

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed