oleh

Makassar Lebih Pintar dari Jakarta, Singapura Jawara Kelas Dunia

banner 468x60

Jakarta, monitorkeadilan.com — Tahun ini Makassar lebih pintar dari Jakarta. Itu berdasarkan indeks kota pintar alias Smart City oleh IMD. Jakarta menduduki peringkat 81 sedangkan Makassar 80, satu tingkat lebih tinggi.

Dalam hitungan global, peringkat pertama diduduki Singapura. Jenewa berada di peringkat ke-4, sedangkan Taipei di peringkat ke-7.

banner 336x280

Smart City Index merupakan satu-satunya indeks global yang unik berfokus pada bagaimana warga negara merasakan ruang lingkup dan dampak dari upaya untuk membuat kota mereka ‘pintar’ dengan menyeimbangkan aspek ekonomi dan teknologi dengan dimensi manusiawi.

Singapura menjadi kota terpintar di dunia karena dianggap sangat memperhatikan sekali ‘keinginan’ dan ‘kebutuhan’ dari warganya.

Berikut ini 10 kota pintar di dunia, mayoritas adalah kota-kota di Eropa:

1. Singapura
2. Zurich
3. Oslo
4. Jenewa
5. Kopenhagen
6. Auckland
7. Taipei
8. Helsinki
9. Bilbao
10. Dusseldorf

Jakarta berada di peringkat ke-81 karena belum mampu melepaskan diri dari kemacetan. IMD memberi nilai 68,6 persen dari 100 persen angka kemacetan dialami Jakarta. Masalah lain, fasilitas dasar di Jakarta berada pada skala 61,2 persen, sedangkan polusi di Ibu Kota Indonesia itu mencapai 57,0 persen. Korupsi berada di angka 51,2 persen.

banner 336x280

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed