oleh

PM Israel Netanyahu Dievakuasi karena Serangan Roket Hamas

banner 468x60

Jakarta, monitorkeadilan.com — Gaza kembali membara dan diambang perang antara pasukan Israel dan pejuang Palestina yang dipimpin oleh faksi Hamas yang berkuasa di Jalur Gaza.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengisyaratkan akan melancarkan serangan ke Jalur Gaza dalam waktu dekat. Hal itu menyusul meningkatnya ketegangan antara pasukan Israel dan kelompok Hamas di front selatan selama beberapa pekan terakhir.

banner 336x280

“Mungkin tidak akan ada pilihan selain melancarkan operasi, perang dengan pasukan teror di Gaza. Mungkin tidak akan ada pilihan lain selain menjatuhkan rezim Hamas,” kata Netanyahu pada Kamis (12/9), dikutip laman the Times of Israel.

Netanyahu menjelaskan, Hamas selaku pihak yang menguasai Gaza tidak menggunakan wewenang sebagaimana mestinya. Dia pun menganggap Hamas tidak mencegah kelompok-kelompok perlawanan di sana untuk menyerang Israel.

“Kami memiliki situasi di mana sebuah kelompok teror yang meluncurkan roket (ke Israel) telah mengambil alih dan tidak mengendalikan faksi-faksi jahat, bahkan ketika mereka menginginkannya,” ujar Netanyahu menyinggung Hamas.

Netanyahu meyakini, warga Israel akan memahami alasan jika nanti dia memerintahkan serangan ke Gaza. “Warga Israel tahu betul bahwa saya bertindak secara bertanggung jawab dan wajar dan kami akan memulai operasi pada waktu yang tepat, yang akan saya tentukan,” ujarnya.

Selama sepekan terakhir, kelompok perlawanan di Gaza telah menembakkan roket ke wilayah Israel. Pada Selasa lalu, roket diluncurkan ke Ashdod, tepat saat Netanyahu tengah berkampanye di sana. Israel diketahui akan menggelar pemilu pada 17 September mendatang.

Serangan roket pun akhirnya memaksa Netanyahu turun dari panggung dan dievakuasi. Sementara sebagian besar serangan roket lainnya berhasil ditangkal Israel dengan menggunakan sistem pertahanan Iron Dome.

(MK/Int)

banner 336x280

Komentar

Tinggalkan Balasan