oleh

Penghargaan UEFA untuk Pemain Sepakbola Terbaik di Eropa 2019

banner 468x60

Jakarta, monitorkeadilan.com — Prestasi pemain dan klubnya sering berbanding lurus. Seiring peningkatan penampilan pemain akan mendorong klub untuk berprestasi, dan ketika klub meraih trofi, amka sang pemain juga mendapat penghargaan pribadi yang sangat prestisius.

Liverpool mendominasi peraih penghargaan UEFA setelah pemain belakang Virgil van Dijk dan kiper Alisson Becker dinobatkan sebagai yang terbaik dalam ajang tersebut.

banner 336x280

Penghargaan yang diterima Van Dijk serta Alisson tidak terlepas dari gelar juara Liga Champions yang didapat Liverpool pada musim 2018/2019 usai mengalahkan Tottenham Hotspur 2-0 di Stadion Wanda Metropolitano.

Van Dijk dan Alisson merupakan pemain kunci kesuksesan The Reds meraih trofi keenam Si Kuping Besar. Ketangguhan Van Dijk dan Alisson membuat Liverpool hanya kebobolan 12 gol dalam 13 pertandingan.

Selain menjadi pemain belakang terbaik, Van Dijk juga menerima trofi utama berupa penghargaan Pemain Terbaik UEFA musim lalu.

Trofi pemain terbaik itu jadi milik Van Dijk tidak saja karena gelar Liga Champions yang didapatnya, tetapi juga lantaran mengantarkan timnas Belanda menjadi runner-up UEFA Nations League. Belanda menjadi runner-up UEFA Nations League setelah kalah tipis 0-1 dari Portugal.

Seperti Liverpool, Barcelona juga menempatkan dua pemainnya di dalam penghargaan tersebut, Lionel Messi dan Frenkie de Jong. Rekan setim Van Dijk di timnas Belanda, Frenkie de Jong, dinobatkan sebagai gelandang terbaik.

Akan tetapi, penghargaan itu menjadi milik De Jong saat bermain untuk Ajax Amsterdam di musim lalu. Pada musim 2018/2019 De Jong termasuk ke dalam gelandang yang bermain impresif. Pemain 22 tahun itu mengantarkan Ajax ke semifinal Liga Champions sebelum disingkirkan Tottenham.

Penyerang terbaik UEFA diberikan kepada megabintang Barcelona, Lionel Messi. Pemain berjuluk La Pulga itu mengoleksi 12 gol di Liga Champions musim lalu. Namun Messi gagal membawa Blaugrana menjadi juara Liga Champions setelah kalah agregat 3-4 dari Liverpool di babak semifinal.

Penghargaan striker terbaik itu jadi yang kedua bagi Messi. Sebelumnya penyerang asal Argentina itu meraih penghargaan serupa pada musim 2008/2009.

Satu penghargaan lain diberikan kepada Lucy Bronze yang menjadi Pemain Terbaik Wanita UEFA. Bek kanan timnas Inggris itu jadi pemain belakang yang meraih trofi tersebut berdasarkan pilihan pelatih serta jurnalis.

Salah satu faktor Bronze menjadi pemain terbaik wanita musim lalu adalah membawa Olympique Lyon juara Liga Champions dan mengantar timnas Inggris sebagai semifinalis Piala Dunia.

(MK/Sport)

banner 336x280

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed