oleh

Siapa “Bos Besar” Sindikat Pengemis Anak-anak Di DKI Jakarta ?

banner 468x60

Jakarta, monitorkeadilan.com — Permasalahan sosial tentang pengemis di perkotaan yang tidak pernah bisa diselesaikan, terus menjadi perhatian. Siapa bermain di belakang sindikat pengemis ibu kota ?

Dinas Sosial (Dinsos) DKI Jakarta menduga ada oknum yang memanfaatkan para pengemis untuk mengeruk hasil dari meminta-minta uang di jalanan Ibu Kota. Hal itu terlihat dari banyaknya anak-anak di bawah umur yang terjaring razia karena terbukti mengemis.

banner 336x280

“Pengemis anak-anak itu enggak mungkin ada kalau tidak ada orang dewasa yang mengeksploitasi mereka. Cuma kita belum pernah tangkap tangan,” ujar Kepala Bidang Pengembangan Kesejahteraan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial DKI Jakarta, Susana Budi Susilowati beberapa waktu lalu.

“Anak-anak juga sudah tahu bahwa cari uang secara instan itu mudah dilakukan,” ujarnya.

Saat menemukan pengemis anak di bawah umur, Dinsos DKI akan melakukan pembinaan kepada orang tuanya. Sebab, seharusnya mereka itu masih berada di bawah pengawasannya.

“Artinya kembali lagi kepada orangtuanya dalam melakukan pembinaan dan pengawasan. Jadi kalau kasus anak-anak yang ada di jalan biasanya berpulang lagi kepada orang tuanya,” katanya.

Ia mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tak memberikan uang ke pengemis yang melakukan penyamaran maupun secara terang-terangan meminta-minta uang. Sebab itu akan selalu membuat mereka ketagihan untuk kembali mengemis.

“Ya, kita terus sosialisasikan dan edukasi supaya orang tidak memberi uang di jalan, karena itu justru akan semakin memperbanyak jumlah pengemis,” kata dia.

(MK/Ekonomi)

banner 336x280

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed