oleh

Mengetahui Detail ‘Proton Persona’, Sedan Merah Presiden Jokowi Di Malaysia

banner 468x60

Jakarta, monitorkeadilan.com — Mobil Persona tiba-tiba menjadi pembicaraan di Indonesia setelah Presiden Jokowi disambut PM Mahathir Muhammad di Malaysia menggunakan Mobil Persona.

Mobil nasional Malaysia yaitu Proton punya berbagai model salah satunya Persona, yang kebetulan menjadi tunggangan Presiden Joko Widodo saat kunjungan ke negeri jiran. Mobil ini berjenis sedan.

banner 336x280

Bersama Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohammad, Jokowi menumpang di sedan itu usai melakukan pertemuan bilateral. Jokowi disopiri orang nomor satu di Malaysia itu selama perjalanan menuju lokasi santap siang dan salat Jumat.

Bicara mengenai Persona, sejarah singkat sedan tersebut lahir pada medio 2007 untuk menggantikan Proton Wira hingga sekarang. Sedan ini masih satu platform dengan Proton Gen2.

Mengutip situs resmi Proton, Persona hadir di negara itu dengan dua tipe transmisi yaitu manual lima percepatan dan otomatis CVT.

Mobil ini bisa dibilang masuk ke dalam kategori menengah, atau mungkin setara dengan Toyota Vios dan Honda City jika kita melihat dari dimensinya.

Persona didesain dengan panjang 4.362 mm, lebar 1.722 mm, tinggi 1.544 mm, dan jarak sumbu roda 2.555 mm. Dimensi ini cukup nyaman buat ukuran tubuh orang Asia, meski tidak selebar sedan-sedan merek Eropa.

Dapur pacunya, sedan ini ditenagai mesin empat silinder DOHC 1.597 cc yang diklaim mampu menyemburkan 107,5 hp pada 5.750 rpm dan torsinya 150 nm pada 4.000 rpm. Menyalakan mesin itu cukup menekan tombol.

Sedangkan untuk kenyamanan kabin, mobil sudah dilengkapi perangkat head unit tujuh inci layar sentuh mulai pada varian Executive CVT. Pada varian tertingginya terdapat fitur voice command untuk memudahkan pengemudi dan penumpang mengoperasikan beberapa fitur sedan itu melalui lisan.

Berbagai fitur keselamatan juga ada pada sedan ini. Pada varian tertingginya, sudah dikengkapi enam airbag, antilock braking system (ABS), electronic brake distribution (EBD), brake assist (BA), electronic stability control (ESC), traction control, hill hold assist, dan lainnya.

Di Malaysia mobil ini dipasarkan dengan harga mulai RM42600 atau sekitar Rp145 juta, hingga RM54600 atau sekitar Rp185 jutaan.

(MK/Oto)

banner 336x280

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed