oleh

Pendidikan Digitalisasi Ekonomi Bagi Siswa dan Guru Di Gorontalo

banner 468x60

Gorontalo, monitorkeadilan.com — Dunia telah banyak meninggalkan banyak aspek manual konvensional dan sedang memasuki era digitalisasi di semua bidang. Karena itu, setiap siswa dan generasi muda “dipaksa” harus belajar konsep digital, termasuk digitalisasi ekonomi dan keuangan.

Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Gorontalo mengedukasi siswa dan tenaga pengajar mengenai peran penting digitalisasi ekonomi dan keuangan dalam mendukung perkembangan ekonomi secara cepat dan efisien di SMA Negeri 1 Kota Gorontalo.

banner 336x280

Kepala KPw BI Provinsi Gorontalo Budi Widihartarto, Kamis (1/8), mengatakan edukasi dan sosialisasi tersebut dilakukan melalui program Bank Indonesia Mengajar yang diikuti oleh 150 orang siswa kelas 12 dan guru mata pelajaran ekonomi.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan sosialisasi terkait peran BI sebagai lembaga Bank Sentral di Indonesia,” ujarnya.

Ia menjelaskan jika penyampaian materi digital ekonomi tersebut merupakan salah satu upaya BI untuk merangsang generasi milenial agar dapat menyesuaikan dan memanfaatkan perkembangan teknologi untuk turut berkontribusi dalam mendorong perekonomian negara, khususnya Gorontalo.

“Selain itu BI juga menginginkan para generasi milenial mengetahui berbagai risiko yang harus dimitigasi dalam pemanfaatannya,” ungkap Budi.

Budi pun menjelaskan tentang tugas dan peran BI yakni menjaga kestabilan nilai rupiah yang diukur dengan inflasi dan nilai tukar.

“Pertumbuhan ekonomi digital setiap tahun berlipat dan cepat dibandingkan ekonomi konvensial, untuk itu BI telah mengantisipasi perkembangannya dengan cara menyusun pengaturan terhadap sistem pembayaran yang mendukung pelaku ekonomi digital untuk berinovasi, serta bertujuan untuk memberikan perlindungan bagi konsumen dan masyarakat,” kata Budi.

Ia berharap dengan upaya yang dilakukan oleh BI untuk menghadirkan informasi digitalisasi ekonomi dan keuangan kepada siswa, dapat mendorong tumbuhnya industri kreatif dan juga pemanfaatan teknologi secara optimal dalam mendukung ekonomi Indonesia dan Gorontalo.

(MK/Pendidikan)

banner 336x280

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed