oleh

2045 Bengkulu Baru Butuh, DPRD Bengkulu Tolak Penambahan PLTU

banner 468x60

Bengkulu, monitorkeadilan.com —¬†Penolakan rencana¬†pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Bengkulu semakin kuat.

Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bengkulu Jonaidi menyatakan menolak rencana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Kecamatan Ketahun, Kabupaten Bengkulu Utara pada 2020 mendatang.

banner 336x280

Meskipun rencana pembangunan PLTU berkapasitas 2×100 megawatt tersebut masuk dalam rencana umum energi nasional (RUEN), kata Jonaidi, pihaknya tetap akan menolak. Sebab saat ini kebutuhan listrik di Bengkulu telah tercukupi.

Penolakan rencana pembangunan PLTU di Kecamatan Ketahun, Kabupaten Bengkulu Utara akan ditegaskan dalam Peraturan Daerah (Perda) rencana umum energi daerah (RUED) Provinsi Bengkulu.

Perda itu saat ini tengah dibahas di DPRD Provinsi Bengkulu. Dalam Raperda, kata Jonaidi, pembangunan PLTU di Provinsi Bengkulu baru boleh dilakukan 45 tahun yang akan datang.

“Terkhusus untuk pembangunan PLTU berikutnya itu sudah kita batasi. Sudah cukuplah yang ada saat ini. Karena dampak lingkungan yang muncul karena teknologi PLTU kita anggap tidak arif, sementara kita kaya dengan potensi lain,” kata Jonaidi, Selasa.

Ia menambahkan, dalam Perda RUED tersebut nantinya akan diatur tentang penggunaan sumber daya alam yang ada di Provinsi Bengkulu. Termasuk pengelolaan panas bumi yang ada di Kabupaten Seluma dan Kabupaten Lebong.

Sumber daya alam tersebut akan dimaksimalkan penggunaannya sebagai sumber tenaga listrik di Bengkulu. Pengaturan penggunaan sumber daya alam dalam Perda RUED dilakukan untuk menjaga ketersediaan cadangan energi dimasa yang akan datang.

Jonaidi juga mengapresiasi pengawasan yang dilakukan para penggiat lingkungan di Bengkulu terhadap dampak lingkungan akibat operasi PLTU Teluk Sepang. Dalam waktu dekat, kata Jonaidi, Komisi III DPRD Provinsi Bengkulu akan mengundang para penggiat lingkungan tersebut untuk rapat bersama.

(MK/Nasional)

banner 336x280

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *