oleh

Surya Paloh Tegas Siap Dukung Anies Di Pilpres 2024, Apa Tanggapan Peneliti LIPI ?

banner 468x60

Jakarta, monitorkeadilan.com — Setelah acara makan siang di kantor DPP Partai Nasdem dengan Surya Paloh, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali menegaskan, saat ini sedang fokus dan berkonsentrasi untuk mengurus Provinsi DKI Jakarta.

Pernyataan tersebut jelas untuk meredam spekulasi dan opini di masyarakat yang mengaitkan dirinya yang dianggap sebagai calon terkuat presiden 2024 setelah Jokowi tidak bisa lagi mencalonkan diri karena terhalang konstitusi.

banner 336x280

Namun Surya Paloh memberi pernyataan yang lebih terbuka. “Ketika kita sudah bertugas cukup lama barang kali karena waktu yang memungkinkan, hari ini kita dipertemukan, kunjungan adik ke kakak,” ujar Paloh di Kantor DPP Nasdem, Rabu (24/7).

Saat disinggung terkait dukungan Nasdem terhadap pemerintahan Anies sebagai Gubernur DKI Jakarta, Surya menegaskan sudah pasti mendukung. Surya juga berseloroh ketika ditanya soal dukungan secara politik ke Anies pada pilpres 2024.”Lahiriyah batiniyah-lah dukungan,” ujar Paloh sambil melepas tawa.

Menurut Paloh, untuk 2024 semua tergantung Anies. Meski ia yakin niat Anies untuk maju sudah ada. Niat tersebut, kata Paloh, harus tetap dipelihara.

Surya Paloh menambahkan, Anies menjadi salah seorang kandidat yang memiliki potensi untuk Pemilu 2024. Namun, proses itu masih panjang dan harus dapat dilewati dengan baik.

Menurut Paloh, bila semua berjalan sesuai dengan harapan, Nasdem membuka peluang untuk mendukung Anies. Namun, dia menegaskan, untuk mengusung calon presiden tak cukup dari satu partai saja. “Kita mengharapkan para pihak untuk anak-anak bangsa ini memenuhi kapasitas dan kapabilitas pemimpin negeri ini,” ujarnya.

Tanggapan Peneliti LIPI

Peneliti senior Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Prof Siti Zuhro mengingatkan Gubernur DKI Jakarta untuk bekerja sesuai dengan kualitas insan cita. Dengan kualitas yang mumpuni siapapun bisa mempromosikannnya menjadi capres 2024.

“Kalau dia (Anies) bagus dan memiliki kualitas, siapapun dapat mempromosikan dirinya,” kata Siti Zuhro yang dimintai pendapatnya terkait pertemuan Anies Baswedan dan Ketua Umum DPP Nasdem Surya Paloh di Jakarta, Rabu.

Siti menegaskan, sebaiknya Anies berkonsentrasi dahulu membangun Jakarta bersama partai pengusung dalam Pilkada 2017 lalu. Saat ini Anies mendapatkan amanah untuk menyukseskan semua kontrak politik dengan masyarakat Jakarta.

Selain itu, penting bagi Anies untuk menerapkan lima insan cita, yakni berkualitas insan akademis, kualitas insan pencipta dan kualitas insan pengabdi.

Kemudian kualitas insan yang bernafaskan Islam dan berkualitas insan yang bertanggung jawab untuk terwujudnya masyarakat yang adil dan makmur diridhoi Allah SWT. “Jangan belum apa-apa sudah bermanuver untuk sesuatu yang belum jelas di tahun 2024,” kata Siti yang juga Ketua Presidium Majelis Nasional (MN) Korps Alumni HMI (KAHMI).

(MK/Politik)

banner 336x280

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *