oleh

Jet Rusia dan China Ditembak Korea Selatan Karena Terobos Perbatasan

banner 468x60

Jakarta, monitorkeadilan.com — Insiden masuknya pesawat Rusia ke wilayah teritorial Korea Selatan memaksa militer Korsel bertindak tegas dengan melontarkan tembakan peringatan ke arah pesawat asing itu pada Selasa (23/7) pagi.

Melalui pernyataan, Kementerian Pertahanan Korsel mengatakan jet Rusia tersebut dilaporkan memasuki wilayah Zona Identifikasi Pertahanan Udara Korea (KADIZ) di atas Pulau Dokdo sekitar pukul 09.00 waktu setempat. Pulau Dokdo atau Takeshima merupakan wilayah yang disengketakan Korsel dan Jepang.

banner 336x280

“Militer Korsel lantas mengambil aksi taktis termasuk menjatuhkan suar dan sebuah tembakan peringatan,” bunyi pernyataan Kemhan Korsel.

Seoul menuturkan ada tiga jet tempur Rusia yang berupaya memasuki wilayah KADIZ, namun hanya satu yang benar-benar menerobos wilayahnya.

Setelah mendapat tembakan peringatan, pesawat Rusia tersebut dikabarkan sempat menjauhi KADIZ. Namun, berselang 20 menit, pesawat Rusia itu kembali memasuki KADIZ hingga memaksa Korsel melepaskan tembakan peringatan kedua.

Dilansir Reuters, Seoul menuturkan ini merupakan pertama kalinya pesawat militer Rusia menerobos wilayah udaranya.

Selain jet Rusia, Korsel menuturkan dua pesawat militer China juga memasuki wilayah KADIZ. Meski begitu, Seoul tidak merinci kapan dan bagaimana jet China tersebut memasuki wilayahnya.

Hingga kini, belum ada pernyataan resmi dari Rusia dan China terkait insiden ini.

(MK/Int)

banner 336x280

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed