oleh

Brasil Juara Copa America 2019 dan Sabet Berbagai Penghargaan

banner 468x60

Jakarta, monitorkeadilan.com — Luar biasa, itulah yang pantas disematkan pada prestasi Brasil 2019 ini. Selain timnas Brasil juara Copa America 2019 usai mengalahkan Peru 3-1 dalam laga final di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Senin (8/7) dini hari WIB. Para pemain Brasil juga meraih berbagai penghargaan individu. Everton dinobatkan sebagai top score Copa America 2019, wingback Dani Alves dinobatkan sebagai pemain terbaik Copa America 2019, sedang penjaga gawang Alisson Becker meraih penghargaan Sarung Tangan Emas.

Tuan rumah Brasil unggul 2-1 lebih dahulu di babak pertama. Everton Soares membuka keunggulan untuk tim asuhan Tite ini di menit ke-15 berkat umpan silang Gabriel Jesus.

Peru
 sempat menyamakan kedudukan melalui penalti Paolo Guerrero di menit ke-44
. Tetapi Gabriel Jesus kembali membawa Brasil unggul 2-1 di menit ke-45+3.

banner 336x280

Di babak kedua permainan Brasil lebih fleksibel. Alur bola dari kaki ke kaki berjalan lebih cepat. Sejumlah peluang juga berhasil diciptakan Brasil guna memberikan alarm bahaya untuk Peru.

Salah satunya lewat sepakan kaki kanan Philippe Coutinho di menit ke-51. Namun, tendangan spekulasi pemain Barcelona itu melayang tipis di sisi kanan atas gawang Peru.

Di babak kedua Peru dan Brasil sama-sama mengandalkan serangan balik cepat. Namun perbedaannya, Brasil lebih memainkan operan-operan pendek dan dilakukan dari berbagai lini, sedangkan Peru memilih memainkan operan lambung saat menekan pertahanan lawan.

Peru mendapat keuntungan jumlah pemain di menit ke-70 setelah Gabriel Jesus dikartu merah wasit Roberto Tobar usai menerima kartu kuning kedua karena melakukan pelanggaran kepada Luis Advincula.

Keuntungan tersebut coba dimanfaatkan Peru dengan meningkatkan intensitas serangan. Di menit ke-73 Miguel Trauco mencoba peruntungannya untuk membobol gawang Brasil, namun sepakannya bisa diblok kiper Alisson Becker dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Satu menit berselang giliran Edison Flores melakukan tembakan keras dari luar kotak penalti. Tetapi tendangan kaki kiri Flores hanya menyamping di sisi kiri gawang Brasil.

Brasil patut berterima kasih kepada Everton Soares. Karena aksinya di menit ke-86 Selecao mendapat hadiah penalti dari wasit. Akselerasi Soares di pertahanan Peru hingga masuk ke kotak penalti lawan memaksa bek Carlos Zambrano melakukan pelanggaran.

Tetapi, guna meyakinkan insiden itu sebagai pelanggaran wasit Roberto Tobar kembali meninjau VAR sebelum memutuskan penalti untuk Brasil.

Richarlison yang menjadi penendang penalti sukses menuntaskan tugasnya itu di menit ke-90. Tendangan penalti Richarlison ke arah kiri sempat terbaca kiper Galesse, namun bola bergulir lebih cepat. Brasil keluar sebagai juara Copa America 2019 usai menang 3-1 atas Peru.

Susunan pemain:

Brasil: Alisson Becker; Dani Alves, Marquinhos, Thiago Silva, Alex Sandro; Arthur, Casemiro; Gabriel Jesus, Philippe Coutinho, Everton; Roberto Firmino.

Peru: Pedro Galesse; Luis Advincula, Carlos Zambrano, Luis Abram, Miguel Trauco; Renato Tapia, Yoshimar Yotun; Andre Carrillo, Christian Cueva, Edison Flores; Paolo Guerrero.

banner 336x280

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed