oleh

Sidang Isbat Hari Senin, Idulfitri Lebih Cepat dari Kalender?

banner 468x60

MONITORKEADILAN.COM, JAKARTA — Mungkinkah Idulfitri 1 Syawal 1440 H datang lebih cepat? Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat penetapan Idulfitri pada Senin (3/6) mendatang. Dirjen Bimas Islam Kemenag, Muhammadiyah Amin, menegaskan sidang akan digelar di Auditorium HM. Rasjidi, Kementerian Agama RI, Jl. MH. Thamrin No. 6, Jakarta.

Di Jakarta, Rabu (29/5), Muhammadiyah Amin menerangkan, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dijadwalkan akan memimpin langsung sidang isbat untuk menentukan tanggal 1 Syawal 1440 H.

banner 336x280

Biasanya, seperti penetapan 1 Ramadan maka sidang isbat dilakukan sehari sebelumnya. Demikian pula dengan penetapan 1 Syawal. Maka, karena sidang isbat digelar pada Senin, mungkinkah lebaran Idulfitri tahun ini jatuh pada Selasa (4/6), atau sehari lebih cepat dari yang tercantum dalam kalender?

Karena 1 Ramadan jatuh pada Senin (6/5), maka jika 1 Syawal jatuh pada Selasa (4/5) maka umat Islam berpuasa 29 hari. Sedangkan jika Idulfitri pada Rabu (5/6) seperti disebut dalam kalender, maka umat Islam berpuasa 30 hari.

Dirjen Bimas Islam juga menerangkan, sidang akan dihadiri para Duta Besar Negara sahabat, Mahkamah Agung, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama; dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

Sementara Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Agus Salim menjelaskan, rangkaian Sidang Isbat diawali dengan pemaparan secara terbuka mengenai posisi hilal berdasarkan data hisab oleh pakar astronomi. “Rukyatul hilal akan dilaksanakan pada Senin sore,” ujarnya.

Sidang, lanjutnya, akan berlangsung tertutup. Namun setelah itu Menteri Agama akan mengumumkan hasilnya melalui konferensi pers sehingga dapat seketika diketahui publik.

Soal dugaan apakah Idulfitri 1440 H benar akan terjadi pada Selasa (4/6), umat Islam perlu menunggu pengumuman Menteri Agama.

Sesuai kalender, Idulfitri 1440 jatuh pada Rabu (5/6). (kn)

banner 336x280

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *