oleh

Kertajati Sepi Sekda Jabar Suruh ASN Naik Pesawat di Majalengka

banner 468x60

MONITORKEADILAN.COM, MAJALENGKA — Bandara Kertajati sepi, Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar Iwa Karniwa minta agar aparatur sipil negara (ASN) di daerahnya menggunakan penerbangan di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) tersebut. Menurutnya hal itu dapat memasifkan sosialisasi layanan penerbangan di BIJB di Majalengka.

Iwa mengaku telah mengarahkan keluarganya untuk mulai menggunakan penerbangan dari dan ke BIJB.

banner 336x280

Optimalisasi BIJB, lanjut Iwa, patut dimulai dari wilayah Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan) sebagai daerah terdekat. Di wilayah itu terdapat 15 juta penduduk.

“Dalam kesempatan ini kita lakukan sosialisasi secara masif, dimulai dari diri sendiri. Termasuk juga saya memerintahkan kepada hampir 57.000 ASN untuk menggunakan bandara ini sebagai jasa penerbangan dari Kertajati menuju suatu tempat begitu pula sebaliknya,” kata Iwa usai meresmikan Sosialisasi Layanan Penerbangan Melalui Bandara Kertajati Kepada Organisasi Perangkat Daerah di Ciayumajakuning dan Sekitarnya, di BIJB Kabupaten Majalengka, dikutip dari Humas Jawa Barat, Sabtu (9/3/19).

ASN Jawa Barat, kata Iwa, patut berkontribusi untuk meramaikan Kertajati, karena memiliki saham di fasilitas penerbangan itu sebesar dua persen.

Iwa juga mengatakan, optimalisasi BIJB tidak boleh berhenti hanya pada sosialisasi. Selain melengkapi sarana dan prasarana, Pemerintah Jawa Barat mengebut pembangunan jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu). Tol ini diyakini akan menentukan perkembangan BIJB karena dapat mempermudah akses masyarakat Bandung Raya.

Iwa mengatakan, saat ini pembangunan jalan tol Cisumdawu sesi satu (Cileunyi-Rancakalong), sesi dua (Rancakalong-Sumedang) dan sesi tiga (Sumedang-Cimalaka) sedang dalam proses pembangunan. Diharapkan, tol Cisumdawu akan rampung pada September 2019.

“Nantinya Cileunyi-Sumedang-Dawuan bisa ditempuh selama 45 menit, karena cuma 61 km,” papar Iwa.

Pada sosialisasi diperkenalkan teknologi swafoto di lokasi bandara menggunakan layar Informative Digital Information (IDI), yang dapat langsung diunggah ke media sosial masing-masing, dengan ditambahkan tanda pagar #ASNRamaikanKertajati.

Hadir dalam sosialisasi pimpinan Kesultanan Kasepuhan, Kanoman, Kacirebonan dan Kesultanan Kaprabonan. Keempat kesultanan berada di wilayah Cirebon. Hadir pula Wakil Bupati Majalengka, pimpinan PHRI, ASITA, Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umroh, serta perwakilan pimpinan daerah lainnya.

Wakil Bupati Majalengka Tarsono D Mardiana menyadari Bandara Kertajati tidak bisa berdiri sendiri tanpa dukungan multipihak. Sehingga Pemerintah Daerah harus terus memberikan dukungan dengan melengkapi infrastruktur dan maksimalkan potensi yang dimiliki seperti pariwisata lainnya.

“Tujuan Bandara untuk meningkatkan ekonomi Jawa Barat, khususnya Majalengka. Sehingga kami memahami Pemerintah Daerah terus melakukan pembenahan dengan membangun sarana prasarana pendukung,” jelas Tarsono.

“Kami yang memiliki potensi pariwisata unggulan akan membuka juga gerbang investor sebagai daya tarik. Kita enggak akan berbelit, karena kita ingin Majalengka menjadi pusat pertumbuhan baru dengan adanya Kertajati ini,” lanjutnya.

Direktur PT BIJB M Singgih mengatakan sudah ada 11 rute penerbangan dari lima maskapai yang terlayani dari Bandara Kertajati. Rute itu menuju Surabaya, Medan, Jakarta, Yogyakarta, Semarang, Lampung, Palembang, Balikpapan dan Tarakan. Penerbangan internasional, baru untuk perjalanan Umrah.

“Jika keterisian bisa konsisten dengan load factor tinggi ini tentu akan konsisten melakukan penerbangan setiap hari. Tapi kita optimis sosialisasi ini akan meningkat load factor,” ucap Singgih. (kn)

banner 336x280

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed