oleh

Debat Pilpres Kedua Hanya Diikuti Jokowi dan Prabowo

banner 468x60

MONITORKEADILAN.COM, JAKARTA — Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan menegaskan lembaganya telah menyerahkan soal debat Pilpres putaran kedua dari panelis ke moderator pada Minggu (17/2/19) siang tadi.

Penyerahan soal menjelang debat, dimaksudkan untuk menjaga kerahasiaan. “Biar terjaga kerahasiaannya,” ucap Wahyu kepada wartawan di hotel The Sultan, Jalan Gatot Subroto, Jakarta.

banner 336x280

Dengan moderator Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki, debat Pilpres putaran kedua akan dibagi menjadi enam segmen yang terdiri dari segmen pertama berisi penyampaian visi-misi kedua capres, dengan alokasi waktu tiap kandidat 3 menit.

Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto akan lebih dulu menyampaikan visi-misi, kemudian penyampaian visi-misi oleh capres nomor urut 01 Joko Widodo.

Segmen kedua berupa pendalaman visi dan misi dengan tema infratsruktur, energi, dan pangan. Dalam segmen ini, moderator akan melemparkan pertanyaan ke Jokowi dan Prabowo secara bergantian. Kedua capres juga akan saling menanggapi.

Untuk menjawab pertanyaan yang dilemparkan moderator, capres diberi waktu selama 2 menit. Sementara itu, untuk merespons tanggapan capres lawan, capres diberi waktu 1 menit.

Segmen ketiga yaitu pendalaman visi-misi capres berkaitan dengan tema sumber daya alam dan lingkungan hidup. Alur dan waktu dalam segmen ini sama dengan segmen kedua.

Tiba ke segmen keempat merupakan debat eksploratif. Pertanyaan dibuat dalam bentuk video singkat yang sebelumnya dibuat oleh panelis debat. Hanya ada satu tema yang dimuat dalam video tersebut. Video tersebut dipilih acak oleh Ketua KPU saat segmen pertama.

Waktu untuk segmen ini adalah 16 menit. Capres satu dengan yang lain dapat saling menanggapi, dengan tetap mematuhi aturan dari moderator yang berupaya memberikan keberimbangan kepada kedua capres.

Segmen kelima merupakan debat inspiratif. Segmen ini memungkinkan capres satu bertanya ke capres lainnya atas pertanyaan usulan capres tersebut. Waktu untuk segmen kedua capres bertanya adalah 1 menit. Sementara itu, untuk menjawab, kedua capres diberi waktu 2 menit.

Terakhir, segmen keenam yang berisi closing statement. Masing-masing capres diberikan waktu selama 2 menit untuk menyampaikan pernyataan tertutup. Total waktu yang diperkirakan untuk debat kedua calon presiden yaitu 1 jam 34 menit 20 detik, dilansir dari portal Kepolisian Daerah Metro Jaya. (*)

banner 336x280

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed