oleh

Ini Alat yang Dapat Melacak Penebar Hoax

banner 468x60

MONITORKEADILAN.COM, JAKARTA — Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menyatakan, tidak sulit menangkap pembuat dan penyebar kabar bohong alias hoax. Pasalnya saat ini Indonesia telah memiliki teknologi terakhir yang gampang melacak para kreator atau produsen hoax.

Karena itu Wiranto menyerukan agar para pembuat dan penyebar hoax segera bertobat serta mengakhiri aktivitas itu.

banner 336x280

“Hoax tangkap saja pelakunya. Kita sudah ada sistem teknologi terakhir yang mampu melacak asal mula dari mana sudah terlacak sekarang, hati-hati,” kata Wiranto di kantor Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (9/1/2019).

Menggunakan teknologi terkini yang disebutnya, Wiranto memastikan pemerintah dapat dengan mudah dan cepat mengetahui asal-usul pertama kali berita dimunculkan.

“Kita langsung menangkap dan ada UU-nya kita hukum sesuai UU yang berlaku. Hoax pada dasarnya adalah salah satu bentuk teror. Di mana hoax dapat membuat ketakutan dan kekacauan,” tandas Wiranto.

Sementara di tempat terpisah, Direktur Siber Bareskrim Polri, Brigjen Pol Rachmat Wibowo memastikan bahwa tersangka Bagus Bawana Putra yang telah ditangkap, merupakan pembuat (kreator) konten rekaman suara kabar bohong tujuh kontainer surat suara yang juga sekaligus penyebar pertama di media sosial dan WhatsApp Group (WAG).

“Kami bisa mendeteksi, suara berasal dari tersangka BBP. Kami bisa mendeteksi di beberapa platform Medsos,” tutur Brigjen Rachmat di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (09/01/2019).

banner 336x280

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed